Masalah Jalan Diduga Jadi Motif Pembunuhan Kadus Perempuan di Bulukumba

Terduga pelaku dengan korban masih punya hubungan keluarga

Masalah Jalan Diduga Jadi Motif Pembunuhan Kadus Perempuan di Bulukumba
Ilustrasi pembunuhan. (iStockphoto)












KABAR.NEWS, Bulukumba - Pembunuhan seorang Kepala Dusun (Kadus) perempuan bernama Aliani di Desa Karama, Kecamatan Rilau Ale, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, diduga dilatari cekcok masalah jalan beton dengan pelaku.

Kepala Desa Karama Jusman membeberkan, pelaku sempat mengeluh dan meminta kepada korban agar jalan depan rumahnya juga ikut dibeton supaya kendaraannya bisa melintas.


"Ada beton yang sementara dikerja itu 15 centimeter tingginya. Yang pas jalan masuk rumahnya kalau turun motor dia tinggi kan, itu yang dia (pelaku) minta dicor juga," kata Jusman kepada wartawan, Jumat (23/4/2021) malam.


Jusman menjelaskan bahwa proyek jalan beton tersebut memang tak menanggung akses jalan masuk ke rumah warga. 


"Cuma saya sampaikan ke kepala dusun, biar mi, kasi campuran cor biar supaya ada jalan cor masuk ke rumahnya (pelaku). Tapi tukang juga tidak mau karena tidak sesuai kontrak. Dia (terduga pelaku) tidak mau kerja juga, dia maunya tukang yang kerja," jelas Jusman.


Lanjut Jasman, dari situ, pelaku pun mulai mengancam sang Kadus cantik yang baru saja sebulan menjabat itu. "Bahasanya dia sama kepala dusun, pokoknya kalau kau tidak mau kerja itu depan rumahku bakalan ada kau mau lihat nanti. Begitu mengancam kan," tutur sang kades, menirukan ancaman pelaku.


Jasman mengungkapkan, antara korban dan terduga pelaku ini masih mempunyai hubungan keluarga dekat.


"Dia (terduga pelaku) sebenarnya ada hubungan keluarga sih, tapi jauh, sepupu 3 kali. Begitu karena merasa kepala dusun dia yang atur, dia yang mengawasi pekerjaan jalan itu," tandas Jasman.


Diberitakan sebelumnya, Aliani ditemukan tewas bersimbah darah dengan sejumlah luka di kediamannya pada Senin (19/4/2021).


Menurut informasi, Kadus bernama Aliana itu meregang nyawa dengan sejumlah luka tusuk yang bersarang di tubuhnya. Pelaku diduga merupakan salah seorang warganya sendiri. Polisi pun kini masih melakukan pengejaran terhadap pelaku.


"Sementara kami masih cari pelakunya. Iya korban Kadus, dianiaya hingga tewas menggunakan senjata tajam," kata Kasat Reskrim Polres Bulukumba, AKP Bayu Wicaksono, via seluler kepada KABAR.NEWS, Senin malam.


Penulis: Reza Rivaldy/B