Skip to main content

Marvel Akan Kenalkan Kamala Khan, Superhero Muslim Pertama Lho

kamala
Kamala Khan, superhero muslim pertama Marvel (Dok: Marvel)

KABAR.NEWS - Publik pecinta film sebentar lagi akan menyaksikan era baru dalam film superhero yang digarap Marvel. Setelah sukses dengan Avengers: Infinity War, Marvel dikabarkan bakal memperkenalkan kelahiran tokoh pahlawan dengan latar belakang seorang Muslim.


Dikutip dari Independent, tokoh itu bernama Kamala Khan atau yang juga disebut sebagai Miss Marvel. Karakter Miss Marvel diciptakan oleh Sana Amanat, Stephen Wacker, G Willow Wilson, dan Adrian Alphona. Kemunculannya di komik berhasil menyabet penghargaan di ajang Hugo Award 2015 dalam kategori best graphic story.

Pihak Marvel dikabarkan sedang menggarap keterlibatan tokoh Kamala Khan pada film Marvel berikutnya. Rencananya, film Captain Marvel ini akan tayang pada Maret 2019.

"Captain Marvel sedang syuting bersama Brie Larson. Miss Marvel yang merupakan karakter Muslim di komik terinspirasi dari Captain Marvel. Saat ini kami sedang tahap pengerjaan. Kami punya rencana untuk memperkenalkannya," kata Feige. 

Julukan Miss Marvel pernah disematkan kepada beberapa tokoh pahlawan super, termasuk kepada Carol Danvers alias Captain Marvel, tokoh yang perannya akan dimainkan oleh Brie Larson. Akan tetapi, Miss Marvel dalam komik dikisahkan sebagai Kamala Khan yang menyamar.

"Ms. Marvel, yang merupakan karakter lain dalam buku-buku komik kami, pahlawan Muslim yang terinspirasi dari Captain Marvel, benar-benar tengah dalam penggarapan," ujar Presiden Marvel Studios Kevin Feige, mengutip NY Daily News.

Tokoh Kamala merupakan Pakistan-Amerika berusia 16 tahun itu diciptakan oleh penulis G. Willow Wilson, seniman Adrian Alphona dan duo editor Sana Amanat dan Stephen Wacker. 

Sebagai pahlawan super, Kamala punya tubuh fleksibel sehingga dapat memanjangkan tangan atau anggota tubuh yang lain serta memperbesar ukurannya sesuai keinginan. Sebelum memperoleh kekuatan super, Kamala adalah remaja yang mengidolakan Carol Danver alias Captain Marvel.

"Fakta bahwa Kamala adalah seorang wanita dan generasi pertama Amerika yang berjuang dengan nilai-nilai dan kekuasaan orantua imigrannya mungkin memberikan cerita berbeda, namun pada akhirnya, kisahnya adalah universal," imbuh, Pimpinan Redaksi Marvel Axel Alonso.