Skip to main content

Ma'ruf Amin Minta Kasus Sukmawati Diselesaikan Lewat Mediasi

wapres
Sukmawati Soekarnoputri mencium tangan KH Maruf Amin. (Int)

KABAR.NEWS, Jakarta-- Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin memberikan tanggapan terkait pernyataan kontroversial Sukmawati Soekarnoputri yang membandingkan Sukarno dengan Nabi Muhammad. Ma'ruf mengusulkan penyelesaian masalah melalui mediasi dan bisa selesai dengan damai. .


"Ya cobalah saya usulkan untuk dimediasi saja. Kita ini sudah terlalu sering (masalah) seperti ini," ujar Ma'ruf di Kantor Wakil Presiden, dikutip dari republika.co.id.


Ma'ruf mengaku tidak ingin masyarakat terus berhadap-hadapan karena masalah sensitif. Meskipun, Ma'ruf menilai pernyataan Sukmawati tersebut sangat tidak tepat. Apalagi, kata Ma'ruf, Sukarno juga beragama Islam, yang sudah pasti meyakini Nabi Muhammad SAW.


"Membandingkan Nabi Muhammad dengan Sukarno itu tidak sebanding, tidak tepat. Penyelesaiannya sebaiknya kalau bisa dimediasi itu lebih bagus supaya kita tidak terus berhadap-hadapan," ujar Ma'ruf.


Baca juga: Hanya 5 CCTV Aktif Awasi Pelanggaran Hukum di Makassar


Seperti diketahui, putri Presiden Soekarno, Sukmawati Soekarno Putri kembali tersandung kasus dan harus berurusan dengan kepolisian. Dia dilaporkan dengan Pasal 156 a KUHP tentang penistaan agama.


“Laporannya terkait dugaan penistaan agama sebagaimana diatur dalam Pasal 156a terkait penistaan agama yang diduga dilakukan oleh Sukmawati,” kata Azis Yanuar selaku kuasa hukum Abdul Majid, di Mabes Polri, Rabu (20/11).


Menurutnya, laporan diterima dengan nomor polisi LP/B/0986/XI/2019/Bareskrim tanggal 20 November 2019. Pihaknya juga membawa barang bukti berupa rekaman full video acara diskusi kebangsaan.


“Acaranya kan judulnya bangkitkan nasionalisme dan kita tangkal radikalisme, tapi isinya malah seperti itu dari statemen Bu Sukmawati,” ucapnya.


Sebelumnya Forum Pemuda Muslim Bima (FPMB) juga melaporkan Sukmawati ke Bareskrim Polri. Laporan tersebut diterima Bareskrim Polri pada 19 November 2019.
 

 

loading...