Maros Punya Hotel Baru untuk Genjot Pariwisata

- Diresmikan Bupati Hatta Rahman

Maros Punya Hotel Baru untuk Genjot Pariwisata
Pengguntingan pita oleh Bupati Maros Hatta Rahman dalam peresmiam Hotel PTB Maros, Rabu (30/12/2020). (KABAR.NEWS/Fahrul)












KABAR.NEWS, Maros - Bupati Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Hatta Rahman pada Rabu (30/12/2020) meresmikan dua gedung untuk mendongkrak perekonomian pada sektor pariwisata.


Dua gedung tersebut yakni Pusat Oleh Oleh Kabupaten Maros yang diberi nama Balla Mabbalanca (BaCa) berada di Jalan Poros Trans Sulawesi dan Hotel PTB Maros di Jalan Crisant Kecamatan Turikale. 


Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita serta penandatanganan prasasti oleh Hatta Rahman Ballroom Leang-Leang, Hotel PTB Maros.


Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), Kabupaten Maros, M. Ferdiansyah, mengatakan kedua gedung tersebut dioperasikan untuk membantu meningkatkan perekonomiam masyarakat di masa pandemi Covid-19.


“Kita melihat pemerintah saat ini betul-betul serius untuk meningkatkan perekonomian khususnya pada sektor pariwisata, maka dari itu, dua gedung ini kita dapat maksimalkan dalam mendongkrak perekonomian pada industri pariwisata,” ujarnya.


Ferdiansyah melanjutkan, untuk Hotel PTB Maros sendrii merupakan hasil pekerjaan dari Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, sementara untuk Gedung Oleh-Oleh Bola Mabbalanca merupakan pekerjaan dari Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan Kabupaten Maros.


“Jadi dua gedung ini telah diserahterimakan kepada kami untuk pengelolaannya, selain dampak langsung pendapatan ke masyarakat, kita juga berharap pendapatan tidak langsung melalui Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang akan masuk ke kas daerah,” kata Ferdiansyah.


Sementara itu, Kepala Bidang Ekonomi Kreatif (Ekraf) Maros, Andi Yuliana Hatta, mengatakan jika untuk Pengelolaan Balla Mabbalanca pada bidangnya itu akan terus memfasilitasi para pelaku ekonomi kreatif di Kabupaten Maros. 


“Sampai sejauh ini Balla Mabbalanca belum full, kami masih melihat sejumlah pelaku Ekraf yang betul-betul siap produknya untuk dijual di Balla Mabalanca ini.


Untuk Hotel PTB yang dikelola Pariwisata Disbudpar Maros baru akan mengoptimalkan operasional pada tahun 2021. Hotel ini memiliki 12 kamar dan 4 ruangan pertemuan.


“Kami sementara melakukan proses perekrtuan karywan Hotel PTB Maros bersama Balla Mabbalanca, jadi untuk operasionalnya masih menunggu kuota karyawan terpenuhi baru kita bisa maksimalkan dalam pelayanan, semoga awal Tahun ini sudah bisa kami maksimalkan pelayanannya,” ungkapnya.


Penulis: Fahrul/B