Marak Penggalangan Dana di Jalan, PJ Wali Kota Makassar Imbau Warga Menyumbang Lewat Pemerintah

akan mengganggu ketertiban di jalan raya

Marak Penggalangan Dana di Jalan, PJ Wali Kota Makassar Imbau Warga Menyumbang Lewat Pemerintah
Ket. Gambar: PJ Wali Kota Makassar Rudy Djamaluddin 






KABAR.NEWS, MAKASSAR--  Gempa Sulawesi Barat (Sulbar) mengundang simpati masyarakat untuk melakukan berbagai aksi penggalangan dana bahkan sampai turun ke jalan untuk meminta uluran tangan dari pengguna jalan. 

Hal ini direspon PJ Wali Kota Makassar Rudy Djamaluddin. Ia mengaku tak melarang warganya yang ingin melakukan penggalangan dana, hanya saja hal itu akan mengganggu ketertiban di jalan raya, bahkan menurutnya bisa mengancam keselamatan dan menimbulkan masalah baru.

"Prinsipnya tidak dilarang, tetapi tentu ada ketentuan ketertiban, keselamatan di jalan juga harus dijaga, supaya jangan sampai justru menimbulkan masalah baru," ujar Rudy di Kantor Balaikota, Kamis (21/1/2021). 

Kekhawatiran terhadap maraknya aksi penggalangan dana tersebut, kata Rudy seharusnya menjadi tugas pemerintah untuk membantu warga terdampak bencana. "Tapi yang kami imbau adalah bahwa sebenarnya pemerintah memiliki tanggungjawab dalam hal bagaimana membantu warga-warga kita yang terdampak," jelasnya 

Olehnya itu, Rudy menghimbau warga agar melakukan koordinasi dengan pihaknya apabila memang ingin menyalurkan bantuan. Hal ini kata Rudy lebih bisa diatur dari dinas pemerintahan terkait. 

" Tapi yang pasti tentu pemerintah merupakan garda terdepan untuk memberikan bantuan-bantuan sosial. Jadi kalau ada masyarakat relawan yang juga ingin terlibat pengumpulan dalam bantuan sosial seyogyanya harus ada koordinasi dengan dinas terkait," paparnya.

Melalui Pemerintah kata Rudy berbagai sumbangan untuk warga terdampak bencana bisa dilakukan secara tepat sasaran, "untuk lebih memudahkan mengelola dan memanage sumbangan dari masyarakat untuk bisa tersalurkan secara lebih benar, sampai di tempatnya secara tepat sasaran," pungkasnya.

Penulis : Fitria Nugrah Madani/B