Skip to main content

Mandalika Masuk Seri MotoGP 2021, Gubernur NTB: Turis Meningkat, Kesejahteraan Masyarakat Juga

Mandalika
Mandalika, Lombok Tengah, NTB.(detikcom)


KABAR.NEWS, Mataram - Mandalika akan menjadi tuan rumah MotoGP tahun 2021 mendatang. Kepastian tersebut membuat Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah girang. 


Ia menilai dengan masuknya Mandalika dalam seri balapan MotoGP, maka nama Mandalika akan menjadi lebih terkenal lagi dibandingkan sebelumnya. Ia mengaku MotoGP bisa meningkatkan jumlah kedatangan turis, yang berdampak pada pertumbuhan ekonomi. 


Baca Juga:


"Peningkatan tourism di NTB, maka kesejahteraan masyarakat akan meningkat," kata Zulkieflimansyah dikutip dari detikcom, Jumat (22/2/2019). 


Soal biaya lisensi penyelenggaraan MotoGP, Zulkieflimansyah menyebut butuh kerja sama banyak pihak. Pembahasan soal ini akan dibicarakan juga dengan legislator. 


"Nanti akan ada bahasan tentang hal tersebut karena kita juga harus bicarakan dengan Dewan provinsi (DPRD) dan Kabupaten Lombok Tengah juga," ujarnya. 


Rencananya, sirkuit Mandalika akan dibangun pada Oktober 2019. Sirkuit Mandalika akan memiliki panjang 4,32 km. Sirkuit tersebut memiliki satu lintasan lurus, yang sepertinya akan menjadi garis start dan finis. Sirkuit akan terdiri atas 18 tikungan.


Sarana penunjang area paddock akan memiliki 40 garasi untuk kegiatan operasional tim balap. Sedangkan kapasitas grand stand mencapai 93.200 tempat duduk. Itu belum termasuk 138.700 area tanpa tempat duduk dan hospitality suites, yang mampu menampung 7.700 penonton. 


"Bukan hanya kita akan berbicara tentang NTB lagi, tapi dunia akan datang menyapa kita semua secara langsung," tutur Zulkieflimansyah.


Sementara itu, Bupati Lombok Tengah, HM Suhaili FT mengaku warga NTB, khususnya di Lombok Tengah, menyambut gembira atas rencana pembangunan sirkuit di kawasan Mandalika. Apalagi sirkuit itu akan menjadi tempat penyelenggaraan balapan MotoGP 2021.


"Pemerintah dan masyarakat Lombok Tengah menyambut baik rencana pembangunan sirkuit ini. Hal ini menunjukkan bahwa Lombok Tengah memiliki keunggulan dibandingkan daerah lainnya," sebutnya. 


Suhaili mengatakan pembangunan sirkuit MotoGP di daerahnya itu akan bisa menjadi menjadi pemicu berkembangnya dunia pariwisata di NTB.


Persiapan yang sudah dilakukan pemkab adalah dengan menyediakan berbagai kemudahan perizinan yang dibutuhkan selain penyiapan sumber daya manusia yang ada.


"Kita siap memfasilitasi apa pun izin yang dibutuhkan," katanya.
 

 

loading...