Skip to main content

Manchester City Dilarang Tampil 2 Musim di Kompetisi Eropa

Dihukum UEFA, Manchester City Dilarang Tampil 2 Musim di Kompetisi Eropa
Stadion Etihad markas Manchester City. (IST)

KABAR.NEWS - Badan Sepak Bola Eropa (UEFA) menjatuhkan sanksi berat kepada Manchester City dengan larangan tampil selama dua musim di seluruh kompetisi eropa, baik Liga UEFA maupun Liga Champions.


Sanksi itu menyusul hasil sidang Dewan Badan Pengendalian Keuangan Klub UEFA atau CFCB yang menemukan bukti adanya pelanggaran serius Man City atas peraturan UEFA.


"Manchester City FC melakukan pelanggaran serius terhadap peraturan UEFA Club Licensing dan regulasi Financial Fair Play dengan melebih-lebihkan pendapatan sponsor dalam akun keuangannya dan dalam informasi impas yang diserahkan ke UEFA antara 2012 dan 2016," tulis pernyataan resmi UEFA yang diumumkan Jumat (14/2/2020) waktu setempat.


Sebagai tindakan disiplin atas pelanggaran tersebut, Kamar Ajudikasi CFCB mencoret The Citizens dari kompetisi klub Eropa, baik Piala UEFA dan Liga Champions selama dua musim ke depan atau musim 2020/2021 dan 2021/2022.


Aturan tersebut berlaku meski Man City berhasil keluar sebagai juara Liga Inggris musim ini dan atau menjadi champion Eropa musim 2019/2020. Selain hukuman tersebut, City juga didednta 30 juta pound atau setara Rp534 miliar.


Namun, UEFA mempersilahkan Man City mengajukan banding ke pengadilan arbitrase untuk olahraga atau CAS jika mereka keberatan atas hukuman tersebut.


Sementara Man City dalam pernyataan resminya mengaku kecewa atas keputusan UEFA, tapi pihaknya tak terkejut dengan pengumuman tersebut.


Banding atas hukuman larangan tampil di kompetisi Eropa selam dua musim juga langsung direspon City ke pengadilan arbitrase untuk olahraga.

 

loading...