Malu Timnas Jerman Ditundukkan Makedonia Utara

Rekor kemenangan Jerman dipatahkan Makedonia Utara dengan skor 2-1.

Malu Timnas Jerman Ditundukkan Makedonia Utara
Bomber Makedonia, Goran Pandev saat membobol gawang Jerman yang dijaga Marc Andre Ter Stegen. (Foto: AP)






KABAR.NEWS - Makedonia Utara mengejutkan jagad sepak bola dunia usai menundukkan Jerman di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa Grup J di kandang sendiri, Schauinsland-Reisen Arena, Duisburg, Kamis (1/4/2021) dini hari. Bahkan Makedonia Utara mematahkan rekor gemilang anak asuh Joachim Loew di Kualifikasi Piala Dunia. 

Jerman memegang rekor gemilang pasca digilas Inggris 1-5 pada tahun 2001. Sejak saat itu, Jerman belum terkalahkan di 35 pertandingan kualifikasi Piala Dunia. 

Dari total 35 pertandingan Kualifikasi Piala Dunia, Jerman mengemas 30 kemenangan dan lima kali imbang. Sampai akhirnya, Makedonia Utara menghentikan catatan apik itu.

Jerman tumbang 1-2 di tangan Makedonia Utara. Bahkan, juara Piala Dunia 2014 itu kebobolan lebih dulu. Di masa injury time babak perytama, gawang Marc-Andre Ter Stegen dibobol Goran Pandev. 

Jerman baru membalas di babak kedua, lewat penalti Ilkay Guendogan, usai Leroy Sane dilanggar Egzijan Alioski. Namun, Makedonia Utara bisa kembali unggul di menit ke-85. Eljif Elmas bisa memaksa Ter Stegen memungut bola untuk kedua kali dari sarangnya. Makedonia Utara menang 2-1.

Ini menjadi kekalahan perdana Jerman di Kualifikasi Piala Dunia sejak 2001, seperti dicatat Gracenotelive. Ditarik lebih jauh, ini kekalahan kedua jerman di Kualifikasi Piala Dunia sejak 1985.

Menurut catatan FIFA, Makedonia Utara menjadi tim kedua yang bisa bikin dua gol di laga away melawan Jerman dalam satu pertandingan sejak 2001. Yang pertama adalah Swedia, ketika menahan Jerman 4-4 pada Oktober 2012.