Skip to main content

Malaysia Tak Izinkan Atlet Disabilitas Israel Ikut Ajang Renang Dunia 2019

Malaysia Tak Izinkan Atlet Paralimpik Israel Berlaga di Ajang Renang Dunia 2019
Atlet paralimpik saat bertanding di salah satu kejuaraan renang paralimpik. (Bob Martin/Getty Images)

KABAR.NEWS, Kuala Lumpur - Malaysia sebagai tuan rumah Kejuaraan Renang Paralimpik Dunia 2019 dikabarkan menolak kontingen atlet Israel untuk berlaga dalam kejuaraan tersebut.


Baca juga: Timnas Laos Susul Dua Tim Mundur dari Piala AFF U-22

Dilansir dari BBC News, Komite Paralimpik Internasional atau IPC menyebut Malaysia melarang atlet Israel turut berlaga pada World Para Swimming Championships karena alasan politik.


"Ketika sebuah negara tuan rumah mengecualikan atlet dari negara tertentu, karena alasan politik, maka kami sama sekali tidak memiliki alternatif selain mencari tuan rumah kejuaraan baru," kata presiden IPC Andrew Parsons, Minggu (27/1/2019).


Malaysia adalah negara mayoritas Muslim yang tidak mempertahankan hubungan diplomatik dengan Israel. Kondisi itu disinyalir sebagai alasan Negeri Jiran menolak keikutsertaan Israel dalam kejuaraan khusus penyandang disabilitas tersebut.


"Semua Kejuaraan Dunia harus terbuka untuk semua atlet dan negara yang memenuhi syarat untuk bersaing dengan aman dan bebas dari diskriminasi," tambah Parsons.


Event kejuaraan renang paralimpik dijadwalkan bakal digelar pada 24 Juli sampai 4 Agustus 2019. Kejuaraan itu akan diadakan di Kuching, Serawak, Malaysia.

 

IPC mengatakan telah diberikan jaminan dari Dewan Paralimpik Malaysia pada tahun 2017 bahwa semua atlet yang memenuhi syarat akan diizinkan untuk  berkompetisi dengan aman.


Baca juga: Mengaku Prihatin Kondisi PSSI, Muhaimin Iskandar Siap Masuk Bursa Ketum

Akan tetapi kata Parsons, telah terjadi perubahan kepemimpinan politik dan pemerintah baru Malaysia yang dianggap memiliki gagasan yang berbeda tentang olahraga dan kaitannya dengan politik.


"Politik dan olahraga tidak pernah merupakan campuran yang baik dan kami kecewa bahwa atlet Israel tidak akan diizinkan bertanding di Malaysia," tandasnya.
 

 

loading...