Skip to main content

Malaysia Menang 2-0, Indonesia Telan Kekalahan Kelima Beruntun

Malaysia Menang 2-0, Indonesia Telan Kekalahan Kelima Beruntun
Perebutan bola pemain Timnas Malaysia dan Indonesia pada laga Grup G kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Bukit Jalil, Malaysia, Selasa (19/11/2019). (Dok. AFC)

KABAR.NEWS, Kuala Lumpur - Timnas Indonesia kembali menelan kekalahan oleh Malaysia pada laga grup G kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa (19/11/2019).


Adalah Muhammad Safawi Rasid yang menjadi pahlawan kemenangan Malaysia dengan dua golnya ke gawang Timnas Indonesia. Pemain 22 tahun tercipta tersebut berhasil mengantar negaranya naik ke peringkat kedua grup G.


Baca juga: Ditegur Appi Akibat Selebrasi Lempar Baju, Ferdinand: Terima Kasih

Kekalahan Timnas Indonesia merupakan yang kelima secara beruntun sekaligus, gagal membalas kekalahan pada pertemuan sebelumnya di Stadion Utama Gelora Bung Karno, 5 September 2019. Saat itu, skuad Garuda juga ditekuk Timnas Negeri Jiran 2-3.


Pada laga tadi, duet Febri Hariyadi dan Grek Nwokolo di lini depan Timnas Indonesia kerap menciptakan ancaman serius ke gawang tuan rumah. Salah satunya saat menit ke-19 tendangan Febri ditepis oleh Khairulazhan Khalid.


Namun, tekanan Malaysia terbilang efektif dengan terjadinya gol Safawi Rasid menit ke-29. Pemain Johor Darul Takzim itu membobol gawang Indonesia dari tendangan pagar berjarak 30 meter. Skor 1-0 untuk keunggulan tuan rumah.


Indonesia nyaris menyamakan kedudukan di menit ke-36 ketika terjadi kemelut di mulut gawang Malaysia, tetapi pemain Timnas Indonesia tak mampu memaksimalkan peluang tersebut. Keunggulan tuan rumah bertahan hingga turun minum.


Tertinggal 1-0, Timnas Indonesia menarik keluar Greg memasukan Osas Saha dan David Maulana diganti Dendi Santoso menit ke-67. Berbagai upaya serta perubahan strategi tersebut belum berbuah hasil untuk tim asuhan Yeyen Tumena.


Sebaliknya, Malaysia berhasil menggandakan skor menjadi 2-0 lewat tendangan keras Safawi Rasid menit ke-73. Gol tersebut berawal dari kesalahan Yanto Basna dalam menjaga Safawi.


Baca juga: Gantikan Peran Pluim, Rasyid Bakri Sukses Jadi Bintang Lapangan

Menit ke-81, Timnas Indonesia nyaris memperkecil ketertinggalan setelah wasit memberi hadiah penalti karena Febri Hariyadi dijatuhkan kiper Malaysia Farizal Marlias. Namun sayang, Osas Saha gagal mengeksekusi tendangan penalti. Hingga peluit panjang skor 2-0 tak berubah.

 

Kekalahan ini tak menggoyah posisi Indonesia di dasar klasemen grup G kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan poin nol. Malaysia menempel Vietnam di peringkat kedua dengan torehan 9 poin.

 

loading...