Makassar Ulang Tahun, Rudy Ingin Mobil Sampah Hingga Gedung Parkir

Disampaikan dalam rapat paripurna istimewa

Makassar Ulang Tahun, Rudy Ingin Mobil Sampah Hingga Gedung Parkir
Rapat Paripurna Istimewa DPRD Makassar dalam rangka memperingati hari jadi Kota Makassar ke-413 tahun pada Sabtu, (14/11/2020). (KABAR.NEWS/Fitria)






KABAR. NEWS, Makassar - Puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Makassar ke-413 dilaksanakan dengan rapat paripurna istimewa di DPRD, Sabtu (14/11/2020). 


Pada kesempatan ini, Penjabat Wali Kota Makassar Rudy Djamaluddin memaparkan sejumlah progres program kerja yang telah dan akan dilakukan ke depan. 

Baca juga: Makassar Ulang Tahun, Pelaku Usaha Disurati Berlakukan Diskon


Rudy mengatakan pemerintah fokus mengelola sektor pariwisata Makassar. Caranya, membuat proyek Pedestrian Jalan Metro Tanjung Bunga yang mulai dikerjakan.


"Kami telah susun, untuk bisa digerakkan ekonomi kita, antara lain, bagaimana kita dihadirkan ikon baru 
Kota Makassar dengan daya tarik pariwisata yang besar," ucap Rudy dalam sambutannya.


Rencana pengembangan sektor pariwisata di dalamnya juga termasuk fokus mengatasi masalah sampah. Rudy mengklaim pengadaan mobil sampah atau compactor sebagai salah satu solusi mengatasi masalah "klasik" ini di Kota Daeng


"Program prioritas lain yaitu penataan zona wisata Makassar, pembangunan pedestrian, kebersihan termasuk mobil compactor," lanjutnya. 


Pada sektor perekonomian, Rudy menambahkan bahwa Pemkot Makassar telah melakukan pembinaan untuk para pelaku usaha, terutama yang berbasis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). 

Baca juga: Plt Kadis PU Makassar Kini Dijabat Kepala Bapenda


Dengan pemberdayaan UMKM, menurut Rudy mereka akan memiliki produk yang bernilai mahal dan memiliki daya saing yang tinggi.


"Tentu kita akan bina kita akan munculkan sebagai produk unggulan termasuk kerajinan tangan yang nyaris terpendam yaitu di Borong ada Kerajinan Perak dan di Satando ada kerajinan emas, ini adalah hasil kerajinan luar biasa yang menjadi suatu hasil karya yang bisa memiliki nilai," jelasnya.


Sementara pada sektor pembangunan lainnya, Rudy merancang penataan ruang kelas di setiap SD  dan SMP, pembangunan pasar modern, gedung parkir, dan penataan jalan. 


Penulis: Fitria Nugrah Madani/B