Makassar Target Herd Immunity akhir Oktober, IDI Ingatkan Prokes

Dosis pertama sudah mencapai 61 persen

Makassar Target Herd Immunity akhir Oktober, IDI Ingatkan Prokes
Ilustrasi vaksinasi Covid-19. (KABAR.NEWS/Irvan Abdullah)






KABAR.NEWS, Makassar - Pemerintah Kota Makassar, Sulawesi Selatan, menarget herd immunity atau kekebalan kelompok pasca vaksinasi Covid-19 bisa terbentuk pada akhir Oktober ini.


Kekebalan kelompok sebagai tujuan vaksinasi, direspons Humas Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Makassar dr. Wachyudi Muchsin. Dia berpendapat herd immunity bukan menjadi alasan kendornya protokol kesehatan atau prokes.


Hal ini berdasarkan kasus pada negara lain, yang sebagian besar telah melakukan vaksinasi, namun lonjakan kasus positif Covid-19 tetap terjadi.


"Kita kan maunya ekonomi, pendidikan dan sebagainya itu dilonggarkan, tapi prokes jangan. Ini kita bersahabat dengan Covid-19 dengan cara seperti itu, karena mau tidak mau kita harus hidup berdampingan," kata Wachyudi dalam keterangan tertulis, Senin (18/10/2021).


Herd immunity, menurut Wahcyudi, hanya sekadar fase dalam menghentikan Covid-19 secara bertahap. Dengan mengurangi jumlah penularan dengan bertambahnya jumlah masyarakat yang terbentuk sistem imunnya.


Sebelumnya, Dinas Kesehatan Kota Makassar optimis kekebalan kelompok bisa dicapai jika target vaksinasi warga sudah mencapai 70 persen dari total penduduk atau sekitar 1.102.330 jiwa.


"Mudah-mudahan akhir bulan 10 kita target bisa mencapai herd immunity," ujar Plt Kepala Dinas Kesehatan, Nursaidah Sirajuddin.


Saat ini, vaksinasi Covid-19 di Kota Makassar untuk suntikan dosis pertama sudah mencapai 64,11 persen, sementara suntikan dosis dua sudah ada di angka 42,02 persen.


Dia mengatakan vaksinasi selama dua pekan terakhir terus meningkat secara signifikan. Olenya itu, pihaknya berupaya terus menggenjot vaksinasi covid-19 bisa dilakukan 


"Peningkatannya lumayan bagus. Ini sedikit lagi," tandas Nursaidah.


Penulis: Fitria Nugrah Madani/B