Makassar Siapkan 3 Ribu Alat Swab Antigen di Perbatasan

Antisipasi lonjakan kasus Covid-19

Makassar Siapkan 3 Ribu Alat Swab Antigen di Perbatasan
Ilustrasi. Tes usap Covid-19 menggunakan metode Swab di Kota Makassar. (KABAR.NEWS/Irvan Abdullah)












KABAR.NEWS, Makassar - Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar bakal kembali memperketat pelacakan (tracing) kasus Covid-19. Pemkot telah menyiapkan 3 ribu alat swab antigen bakal untuk tracing di perbatasan kota Makassar. 


Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan "Danny" Pomanto mengatakan, pihaknya akan menyiapkan sejumlah pos perbatasan untuk melakukan swab antigen secara massal.


"Tadi sudah lapor, 3 ribu antigen di perbatasan. Kita ada 6 pintu, kita akan drop semua antigen. 3 ribu  per perbatasan. Jadi nanti kita koordinasikan untuk swab massal, kalau begitu langsung swab bersama covid hunter," tutur Danny di kediamannya Jalan Amirullah, Rabu (4/8/2021). 


Pemkot Makasdar juga meminta kesiapan TNI/Polri untuk membackup posko-posko perbatasan agar dilakukan pengawasan prokes. 


"Makanya Pemkot kita kasih kode tegas kita perketat Prokes, saya akan minta izin ke TNI/Polri ke depan untuk mendahulukan prokes. Kami support," imbuhnya.


Meski demikian, Danny mengaku terlebih dahulu harus berkoordinasi bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Makassar. 


"Ada nanti pos-pos. Nanti sebentar kita koordinasikan dengan Forkopimda. Nanti saya tanya ke TNI polri itu mengenai penegakan ketegasan Prokes, saya serahkan TNP/Polri-TNI," jelasnya

Namun untuk sementara, Danny mengatakan telah menyiapkan persiapan pemantauan dan alat tes swan yang bakal digunakan nantinya. "Permintaannya seperti itu, kami sudah menyiapkan. Menyiapkan orang, menyiapkan swab antigen," tandasnya.


Penulis: Fitria Nugrah Madani/B