Makassar Mulai Pakai GeNose untuk Skrining PTM Anak Sekolah

Khusus tingkat SMP

Makassar Mulai Pakai GeNose untuk Skrining PTM Anak Sekolah
Ilustrasi tes Covid-19 menggunakan GeNose. (Foto: UGM)






KABAR.NEWS, Makassar - Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar, Sulawesi Selatan, mulai menggunakan GeNose sebagai alat skrining kesehatan Covid-19. GeNose digunakan untuk mengontrol penyebaran Covid-19 pada Pembelajaran Tatap Muka (PTM) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). 


Wakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi mengatakan, pihaknya turun langsung memantau status kesehatan para murid yang sudah melakukan PTM yang sudah berjalan selama sebulan. 


"Ini gelombang pertama yang melakukan PTM, sudah sebulan berjalan PTM, kita screening lagi status kesehatan anak-anak kita. Maintenance-nya dengan GeNose ini," tutur Fatma, Senin (01/11/2021).


Fatma menjelaskan berdasarkan data, terdapat 30 sekolah di Kota Makassar yang melaksanakan PTM. Dari tiga puluh sekolah itu, pihaknya meninjau tiga sekolah yang melakukan screening GeNose. 


Dirinya mengakui ada beberapa siswa yang didapati hasilnya positif covid19 berdasarkan hasil GeNose. Namun kemudian tes GeNose diulang kembali pada siswa yang positif, lalu kemudian negatif. 


"30 sekolah yang melakukan PTM gelombang pertama, kita lakukan serentak. Kita pantau di tiga sekolah yang kita datangi, di sekolah pertama ada satu yang positif. Kita suruh break 30 menit, kumur-kumur, lalu meniup lagi, Alhamdulillah hasilnya negatif. Karena memang positif rate-nya lemah, makanya diulang," papar Fatma.


Menurut Fatma, Adanya positif palsu dimungkinkan karena sensitifitas GeNose terhadap berbagai bau. Olehnya itu, Fatma mengatakan penggunaan GeNose sebagai alat screening sudah ada SOP yang mesti dilakukan. 


"Penggunaan GeNose ini kan sudah jelas SOP-nya, juknisnya sudah ada, sensitifitasnya ada, petunjuknya itu harusnya diikuti. Jadi kemungkinan eror-nya itu karena anak yang tadi ditanya baru selesai makan," tuturnya.


Sementara itu, Pemkot Makassar tetap mewajibkan tes Covid-19 bagi siswa menggunakan swab antigen. Terutama pada sekolah yang baru akan melakukan PTM. 


"Harus antigen pertamanya, kalau GeNose kita pakai untuk maintenance. Kita berharap tiap bulan kita pakai GeNose untuk maintenance," pungkasnya.


Penulis: Fitria Nugrah Madani/B