Makassar Ditarget Berubah Jadi Zona Kuning Corona Akhir Desember

2 Minggu terakhir ada kecenderungan peningkatan, RT di atas 1 dan pertumbuhannya sangat eksponensial.

Makassar Ditarget Berubah Jadi Zona Kuning Corona Akhir Desember
Ilustrasi penyebaran Covid-19 di Kota Makassar.(Dok. Kabar.News) 






KABAR.NEWS, MAKASSAR - Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar berencana akan mengupayakan perubahan status zona penyebaran Covid-19. Saat ini, Kota Makassar berstatus zona orange dan akan ditargetkan untuk mengalami perubahan menjadi zona kuning pada akhir Desember mendatang. 

Hal ini diungkap Ketua Tim Epidemiologi Unhas, Ansariadi. Ia mengatakan bahwa PJ Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin akan bertekad menekan laju penyebaran Covid-19 dalam beberapa pekan mendatang. 

"Kami sudah bertemu Pak Wali, rencananya Pemkot Makassar bertekad akhir Desember mengupayakan dari zona orange ke zona kuning," kata Ansariadi di Rumah Jabatan Walikota, Jumat (20/11/2020). 

Olehnya itu, Ansariadi menyebutkan beberapa langkah jika Pemkot Makassar akan menargetkan penurunan kasus beberapa minggu mendatang. 

Langkah tersebut dengan menggiatkan kembali program isolasi mandiri, pasien suspek dilakukan tes swab. Begitu juga mengidentifikasi penyebaran Covid-19 di Kluster perkantoran yang saat ini dinilai rentan. 

"Adapun langkah yang kami sarankan yakni identifikasi mereka yang positif untuk memisahkan dengan mereka yang sehat (isolasi mandiri), semua yang suspek harus segera dilakukan test, memperbaiki kinerja tracing, kluster perkantoran yang berkerja dan aktif kembali bekerja, test kita akan ditingkatkan kembali," sebut Ansariadi

Hal ini mengingat kata Ansariadi, pengendalian kasus juga harus dilakukan sebab peningkatan penyebaran yang terjadi selama beberapa pekan ini cederung meningkat. 

"2 Minggu terakhir ada kecenderungan peningkatan, RT di atas 1 dan pertumbuhannya sangat eksponensial. Kalau Minggu ini 100, Minggu depan sepertinya lebih dari itu," tutupnya.


Penulis: Fitria Nugrah Madani/B