Skip to main content

Majukan Gowa, Adnan Gelar Musrenbang Kepemudaan

Pemkab Gowa
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan saat membuka Musrenbang Pemuda di Baruga Karaeng Pattingalloang


KABAR.NEWS, Gowa - Untuk pertama kalinya, alam rangka mendorong keterlibatan pemuda untuk kemajuan daerah, Pemkab Gowa menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Pemuda.


Kegiatan ini merupakan inisiasi pangsung Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan. Dijelaskan Asnan, ide melaksanakan Musrenbang Pemuda ini telah ada pada 2018 lalu dengan maksud untuk mengumpulkan seluruh pemuda berprestasi di Gowa. Termasuk yang memiliki visi dalam membangun kabupaten ini lebih baik. 


"Bisa dibilang musrenbang pemuda ini adalah yang pertama kalinya ada di Sulsel bahkan di Indonesia," tutur Adnan, Jumat (22/3/2019).


Kegiatan ini dikemas dalam bentuk diakusi guna menyamakan persepsi terkait gagasan pembangunan daerah, agar dalam pelaksanaannya, dapat melibatkan seluruh pemuda melalui organisasi kepemudaan (OKP).


"Kita butuh sumbangsih saran, masukan seperti apa kiranya bentuk keterlibatan pemuda utamanya OKP kedepan. Apalagi saat ini kita sedang merancang APBD untuk 2020 yang akan datang," jelasnya. 


Selaku Dewan Pengurus Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Bupati Adnan  mendorong agar bagaimana para OKP dapat menggagas program yang tentunya diintegrasikan dengan program pemerintah sehingga sangat memaksimalkan kemajuan daerah. 


"Perkembangan dan kemajuan bangsa saat ini sangat-sangat maju dan didukung dengan perkembangan teknologi. Makanya kita sebagai pemegang tongkat estafet peradaban mulai mempersiapkan diri," tambahnya. 


Sementara itu, Ketua KNPI Gowa Usman Baddu mengaku sangat mengapresiasi adanya Musrenbang Pemuda ini. Dengan dilibatkannya para pemuda, maka pemerintah kita ingin menjadikan pemuda sebagai solusi sebuah kemajuan daerah. 


"Ini hal yang selalu ditegaskan Bapak Bupati Gowa bahwa kehadiran pemuda hari ini harus menjadi sebuah solusi bukan justru menjadi bagian masalah. Hal lainnya dalam memperbaiki sebuah daerah yakni memperbaiki kualitas pemudanya, dan apa yang dilakukan pemerintah kita hari ini adalah jawabannya," ujarnya. 


Diketahui, Musrenbang Pemuda 2019 yang digagas Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Gowa menghadirkan seluruh OKP yang terdaftar dalam Dinas Pemuda dan Olahraga Gowa. Termasuk organisasi perempuan dan difabel. 


Sekiranya tercatat sebanyak 26 OKP di 18 kecamatan, 2 organisasi perempuan dan 5 organisasi difabel diantaranya Komunitas Peduli Gowa, KNPI, Pemuda Pancasila dan lainnya. 

  • Afrilian Cahaya Putri