Majelis Keturunan Tomanurung Maros Dilantik Besok

Akan dihadiri Pemangku Adat Se-Sulsel

Majelis Keturunan Tomanurung Maros Dilantik Besok
Ketua MKT Maros terpilih, Andi Fahry Makkasau Karaeng Unjung.






KABAR.NEWS, Maros - Pengurus Daerah Majelis Keturunan Tomanurung (MKT) Maros, Sulawesi Selatan, akan dikukuhkan dan dilantik pada Minggu (20/12/2020) besok. Majelis ini merupakan organisasi kekerabatan berbasis keturunan kerajaan di Maros 

Pengukuhan dan pelantikan akan dilakukan oleh Ketua Agung Pengurus Pusat Majelis Keturunan Tomanurung Sulsel,  Andi Pamadengrukka Mappanyompa Arung Timurung dan akan dihadiri segenap Dewan Pengurus Pusat MKT.


Ketua panitia Pengukuhan dan Pelantikan MKT Maros, Andi Nurfaidah Petta Puji, menyampaikan bahwa persiapan pelantikan sudah  hampir rampung dan akan digelar di Gedung Serbaguna Kabupaten Maros pada pukul 10.00 pagi. 


Cucu Karaeng Bontoa ini menjelaskan, acara pelantikan dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat, mengatur jarak, memakai masker dan meniadakan jabat tangan dan kontak fisik lainnya agar dapat menghindarkan diri dari penyebaran Covid-19.


"Karena kondisi masih dalam suasana pandemi, sehingga panitia terpaksa membatasi undangan terutama pada pejabat-pejabat pemerintah yang diberitakan instansinya menjadi klaster penyebaran pandemi Covid-19," kata Nurfaidah dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (19/12/2020).


Sementara itu Ketua MKT Maros terpilih, Andi Fahry Makkasau Karaeng Unjung mengatakan dirinya dan pengurus sudah siap untuk dilantik dan dikukuhkan. Pengurus sendiri merupakan trah dan keturunan dari 22 bekas kerajaan yang pernah ada di Maros.


"MKT di Sulawesi Selatan telah sah berdiri dengan izin Kemenkumham Nomor AHU-0005580.AH.01.07 Tahun 2019, sehingga saatnya mengembangkan sayap organisasi di seluruh daerah di Sulawesi Selatan," katanya.


MKT ini menurut dia akan hadir sebagai oase di tengah hausnya generasi muda akan pemahaman sejarah, budaya dan adat istiadat daerah. 

"Bukan mengembalikan feodalisme lama tetapi justru akan bersinergi dengan seluruh rakyat sampai di lapisan terbawah dalam melestarikan adat dan budaya di Kabupaten Maros khususnya," tegas Andi Fahry.


Ia menambahkan, selain para pengurus daerah, para undangan yang akan hadir terdiri atas para Raja, Datu, Karaeng, Arung dan Pemangku Adat se Sulawesi Selatan.


"Alhamdulillah kami telah menyampaikan konfirmasi dan seluruhnya bersedia hadir, termasuk di antaranya adalah YM Hj. Andi Bau Dala Uleng Bau Massepe Sultanah Badriah Datu Suppa XXX, beliau-beliau YM tersebut akan disambut oleh YM Andi Abdul Waris Karaeng Sioja selaku Karaeng Marusu yang merupakan Ketua Dewan Penasehat MKT Maros," bebernya.

Penulis: Fahrul/B