Mahasiswa UNG Belajar Kehumasan di Diskominfo-SP Sulsel

*Diterima oleh Amson Padolo

Mahasiswa UNG Belajar Kehumasan di Diskominfo-SP Sulsel
Mahasiswa UNG Belajar Kehumasan di Diskominfo-SP Sulsel






KABAR.NEWS, Makassar - Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo-SP) Provinsi Sulawesi selatan menerima kunjungan belajar Dosen dan Mahasiswa Jurusan Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo (UNG) di Ruang Baruga Lounge, Kantor Gubernur Sulawesi Selatan, Makassar, Selasa (22/3/2022).


Kunjungan dalam rangka mengimplementasikan mata kuliah Praktek Kerja Lapangan (PKL) sekaligus penjajakan kerja sama dan mempelajari tugas dan fungsi Humas OPD serta pemanfaatan media social.  Kunjungan ini diterima langsung oleh Kepala Dinas Kominfo-SP Provinsi Sulawesi Selatan Amson Padolo beserta Sekretaris Dinas Kominfo-SP Erwin Werianto.


Dalam sambutannya Kepala Dinas Kominfo Amson Padolo menyampaikan tugas dan pokok fungsi humas terkait penyebarluasan informasi mengenai kegiatan pemerintahan dan pembangunan kepada masyarakat. Selain itu tugas kehumasan juga tidak lepas dari pengelolaan aplikasi penunjang jalannya pemerintahan dan penyediaan data-data terkait capaian program pembangunan. Demikian juga terhadap pengamanan website.


"Tugas infokom ini sangat besar. Ini sangat menentukan kelangsungan jalannya pemerintahan. Kita ini berkoordinasi dengan Kemenkominfo, BPS, Kemendagri, serta BSSN. Ini merupakan tugas besar tentang bagaimana menata manajemen pengelolaan tugas-tugas Diskominfo," terang Amson Padolo.


Sementara itu, Erwin Werianto menjelaskan dalam menjalankan tugasnya Humas Siskominfo-SP Provinsi Sulawesi selatan membentuk tim kerja bernama Sulselprov. Tim ini bertugas menggali seluruh potensi sumber daya yang berada di Sulawesi Selatan. 


"Di samping publikasi dan kerjasama media, juga harus melihat serta mempublikasikan potensi yang ada di Sulawesi Selatan. Fungsi humas ini sangat dibutuhkan terkait pemahaman masyarakat. Humas ini mempunya empat sosial media, diantaranya instagram, youtube, facebook dan twitter untuk 
mempublikasikan kegiatan serta program pemerintah," terang Erwin.


Pada kesempatan yang sama, Ketua Jurusan Komunikasi yang juga merupakan dosen komunikasi UNG Noval Sufrianto Talani berharap mahasiswa yang diampunya dapat mempraktikkan secara nyata ilmu yang telah dipelajari di bangku kuliah. 


Selain itu mereka diharapkan mendapatkan paradigma baru mengenai kehumasan. Termasuk memberi ruang mahasiswa menimba ilmu mengenai komunikasi antar budaya.  Ia pun juga berharap anak didiknya mampu belajar bagaimana melakukan framing atas informasi dan situasi yang menyangkut Pemprov Sulsel.


"Kami harapkan ini semua bisa dipelajari oleh teman-teman mahasiswa terkait penanganan isu, karena Makassar ini adalah barometer indonesia timur. Kalau Makassar bergolak, maka wilayah sekitar ini cepat sekali terpengaruh. Tujuan kami di sini adalah murni untuk belajar," jelas Noval Sufriyanto.


Dalam kunjungannya tersebut Noval didampingi dosen beserta staf akademik Universitas Negeri Gorontalo. Tidak lupa ia pun menitipkan anak didiknya untuk belajar kehumasan selama empat hari ke depan. (*)