Mahasiswa Pascasarjana Indonesia akan Hadirkan Petinggi Partai Bahas Pemilu 2024

*Tingkat Sulawesi Selatan

Mahasiswa Pascasarjana Indonesia akan Hadirkan Petinggi Partai Bahas Pemilu 2024
Ilustrasi Pemilu Pilkada. (KABAR.NEWS/Arya)






KABAR.NEWS, Makassar - Pemilihan Umum (Pemilu) serentak di Indonesia tersisa dua tahun lagi. Pesta demokrasi seantero negeri itu disambut suka cita oleh berbagai kalangan, termasuk Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Indonesia (HMPI) Korwil Sulawesi Selatan (Sulsel).


HMPI yang menghimpun mahasiswa magister dari beragam kampus dan latar akademik, menatap Pemilu 2024 dengan membuka ruang diskusi berseri. Forum ini nantinya bakal menghadirkan peserta dan penyelenggara pemilu.


Sebagai seri diskusi perdana, HMPI Sulsel akan menggelar dialog bertema "Membincang Pemilu 2024: Apa Gagasan Partai Untuk Rakyat". Forum tersebut dijadwalkan pada 12 Februari di sebuah hotel di Kota Makassar.


Ketua Bidang Politik dan Pemerintahan HMPI Sulsel, Muhammad Fajar mengatakan, forum diskusi berseri ini sebagai "kompas" politik bagi masyarakat sebelum menggunakan hak pilihnya nanti.


"Dalam dialog nanti, kita akan menghadirkan petinggi partai politik di tingkat Provinsi Sulsel sebagai pembicara. Dari forum ini, kita berharap mendengar gagasan-gagasan yang ditawarkan partai untuk menarik simpati masyarakat," kata Fajar dalam keterangan tertulisnya di Makassar, Jumat (4/2/2022).


Mahasiswa Pascasarjana UIN Alauddin Makassar itu berpendapat, Pemilu 2024 merupakan salah satu tonggak arah pembangunan bangsa beberapa tahun ke depan. Untuk itulah mengapa hal ini penting menjadi perhatian publik, tak terkecuali bidang politik dan pemerintahan HMPI.


Menurutnya, seorang mahasiswa, apalagi yang mengenyam pendidikan magister, tak boleh alergi atau apatis politik. Fajar mengatakan, banyak kebijakan pembangunan yang bersandar pada dinamika politik dan terkadang tidak disadari.


Selain itu, Fajar menjelaskan bahwa diskusi tentang Pemilu 2024 yang bakal dihelat HMPI Sulsel bukan sekadar seremonial belaka. Forum ilmiah tersebut akan dikemas secara menarik dan berseri menyangkut politik kepemiluan.


"Dari diskursus yang nantinya berkembang, akan menjadi petunjuk awal bagi mahasiswa pascasarjana untuk melakukan aktivitas akademik, seperti penelitian. Di sisi lain, forum ini nantinya menjadi ruang berbagi pemikiran untuk menciptakan Pemilu 2024 yang berkualitas," beber Muh Fajar.


Fajar menandaskan politisi harus berani tampil di depan mahasiswa sebagai social of control. Maka dari itu, HMPI Korwil Sulsel mengajak para petinggi partai politik ikut menebar gagasannya dalam forum tersebut.


"Pada dialog seri awal kita akan hadirkan partai pendatang baru dan pemilik kursi di parlemen, agar wacana yang berkembang lebih bervariatif. Akan ada penanggap dari akademisi. Forum nantinya tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19," pungkas Fajar.