Mahasiswa Magister Uncen Papua Belajar Pemilu Pandemi di KPU Makassar

*Studi banding

Mahasiswa Magister Uncen Papua Belajar Pemilu Pandemi di KPU Makassar
Foto bersama jajaran KPU Makassar dengan Mahasiswa Magister Uncen Papua saat studi banding,Rabu (12/1/2022). (IST/HO)












KABAR.NEWS, Makassar - Sejumlah mahasiswa program Pascasarjana Universitas Cendrawasih (Uncen) Papua, bertandang ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar, Sulawesi Selatan pada Rabu (12/1/2022).


Kedatangan mahasiswa program Magister Kebijakan Publik Uncen itu, tidak lepas dari keberhasilan Makassar menggelar Pilkada 2020 kala pandemi Covid-19. Studi banding ini disambut hangat komisioner KPU Makassar.


Ketua KPU Makassar Farid Wajdi mengatakan, kunjungan ini bertujuan untuk mengembangkan wawasan akademik, mengkayakan referensi praktis tentang strategi tata kelola pemilu di Makassar.


"Sekaligus berdiskusi tentang tantangan yang dihadapi oleh KPU Makassar dalam mengelola tahapan Pilkada di tengah Pandemi Covid-19," kata Farid Wajdi dalam keterangan tertulis.


Pertemuan tersebut diawali dengan pemutaran Film dokumenter Pilkada Makassar 2020 yang berjudul, "Demokrasi Makassar dalam Pusaran Pandemi Covid-19". Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan sesi diskusi dan berbagi pengalaman.


Rombongan studi banding dari Pulau Cendrawasih diikuti oleh 23 mahasiswa, 2 orang dosen pendamping dan 3 orang staf Uncen Papua. 


"Pertanyaan yang berkembang dalam diskusi tersebut diantaranya strategi KPU Makassar dalam mengelola tahapan di tengah pandemi, bagaimana meyakinkan publik untuk datang ke TPS menggunakan hak suara," beber Farid.


Mahasiswa juga bertanya mengenai strategi sosialisasi di masa pandemi, dinamika kampanye, langkah apa yang dilakukan sehingga Pilkada bisa berakhir damai dan tanpa sengketa.


"Juga aplikasi yang dikembangkan KPU Makassar pada pemuktahiran data pemilih," tandas Farid.