Skip to main content

Mahasiswa KKN dari Tiga Kampus KKN Desa Sicini Kolaborasi Buat Tablik Akbar

Tablik Akbar
Salah satu program kerja mahasiswa KKN UIN Alauddin angkatan 60 di Desa Sicini, Kabupaten Gowa. 


KABAR.NEWS, Gowa - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UIN Alauddin Makassar angkatan 60 menggelar Tablig Akbar dan Dialog Pendidikan di Masjid Nurul Yakin Desa Sicini, Kecamatan Parigi, Kabupaten Gowa, Sabtu (9/3/2019).


Kegiatan yang digelar merupakan kolaborasi dengan mahasiswa Pemantapan Profesi Keguruan (P2K) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Makassar dan Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab (STIBA).


Baca Juga:


Tablig akbar dan dialog pendidikan sendiri adalah program yang diwujudkan merujuk pada penyampaian Kepala Desa (Kades) Sicini, Risal Saido saat menghadiri seminar program kerja Mahasiswa KKN UIN Alauddin.


Kala itu Kades Sicini berpesan, agar kehadiran mahasiswa KKN di Sicini menjadi alarm dan motivasi masyarakat akan pentingnya pendidikan.


Menanggapi hal itu, Koordinator Desa (Kordes) M Rijal B Akmal mengatakan, seluruh kegiatan yang dilaksanakan selama proses KKN tidak lain dan tidak bukan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa sebagai amanah undang-undang.


"Taba dan Didik sebagai penyegaran bagi masyarakat dalam hal pendidikan. Sesuai tema, 'Meningkatkan kepedulian orang tua terhadap spiritual, intelektual dan moral demi mewujudkan masa depan yang cerah bagi generasi muda', kegiatan ini untuk menjawab dan melaksanakan tridarma perguruan tinggi," jelasnya.


Senada dengan itu, mahasiswa dari STIBA, Muh Nur Ilham Ramadhan mengatakan, melalui kegiatan ini, semoga masyarakat terutama dari kalangan orang tua semakin sadar akan pentingnya pengetahuan agama, akhlak dan pentingnya pendidikan bagi masa depan.


"Saya melihat masalah utama di Desa Sicini ini adalah pendidikan, misalnya banyak para anak-anak sudah tidak melanjutkan sekolahnya setelah lulus Sekolah Menengah Pertama (SMP) bahkan Sekolah Dasar (SD).  Kesadaran beragama juga jadi soal lain yang ada," ujarnya.


Ilham berpesan, setelah terselenggaranya kegiatan ini, mahasiswa KKN bisa mengadakan kegiatan terkait melalui pembinaan secara intensif dan berkala.


"Bagusnya kalau dilakukan oleh mahasiswa secara berkala setiap tahunnya saat ada pelaksanaan KKN. Hal demikian membantu tenaga pendidik dan perangkat desa terkait untuk memajukan pentingnya pendidikan di Sicini," pungkasnya.

  • Afrilian Cahaya Putri

 

loading...