Made Ali Siap Maju Pilkades Serentak di Pangkep

- Di Desa Bulu Cindea

Made Ali Siap Maju Pilkades Serentak di Pangkep
Cakades Bulu Cindea, Made Ali. (KABAR.NEWS/Saharuddin)

KABAR.NEWS, Pangkep  - Sedikitnya 27 desa di Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan, akan melakukan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak pada tahun 2021. Salah satunya Pilkades Bulu Cindea, Kecamatan Bungoro.


Pilkades serentak di Pangkep awalnya dijadwalkan pada pada bulan Februari nanti, namun ditunda hingga batas waktu yang belum ditentukan. Meski ditunda, sejumlah figur calon kades mulai bermunculan baik wajah baru maupun wajah lama.


Salah satunya adalah Made Ali. Eks Kepala Desa Bulu Cindea, Bungoro, ini kembali akan mencalonkan diri pada Pilkada serentak nanti. Made Ali pun telah mempersiapkan segalanya termasuk slogan yang dia pakai bertarung.


Dengan slogan 'Pakkassaki' jilid dua, Made Ali bertekad akan kembali membangun desa Bulu Cindea. Dimana, pada periode sebelumnya berbagai program pembangunan hingga program kesejahteraan terus digenjot. 


Salah satu contoh keberhasilan pada masa jabatannya, terdapatnya lahan integrasi garam yang tentunya mengakomodasi para petambak garam di desa itu, serta menggalang pengangguran untuk dapat dipekerjakan. 


Tidak hanya itu, destinasi wisata hutan mangrove telah menjadi icon wisata di desa itu, hingga mendatangkan wisatawan dan menjadi penghasilan asli desa yang dikelola melalui badan usaha milik desa atau Bumdes Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) desa Bulu Cindea. 


"Insya Allah saya akan lanjutkan dua periode di desa Bulu Cindea. Tentu dengan motivasi adanya program-progam yang akan saya lanjutkan di periode sebelumnya. Dan juga dorongan warga,"ujarnya kepada wartawan, Jumat (8/1/2021).


Made menyiapkan 12 program unggulan yang ke depan dilakukan, yakni bantuan usaha bagi UMKM kelompok usaha pemuda dan perempuan, bantuan alat tangkap (mesin) dan perahu bagi nelayan.


Selain itu, jika terpilih, Made akan mengadakan mobil operasional desa, pengadaan armada sampah dan petugas disetiap dusun, lanjutan pengembangan wisata mangrove, bantuan pengembangan usaha garam dan garam beryodium, penambahan insentif bagi imam kampung.


Imam masjid, guru mengaji dan pemandi jenazah juga akan mendapat insentif jika Made menjadi Kepala Desa Bulu Cindea. Bantuan langsung tunai untuk bagi keluarga pra sejahtera, lansia, dan penyandang disabilitas juga menjadi program unggulan.


Untuk para petani, Made berjanji akan menyediakan bantuan bibit, benih, pupuk, mesin dan alat pertanian bagi petani dan petambak se-desa Bulu Cindea, bantuan baju seragam sekolah, sepeda bagi siswa kurang mampu dan juga kelompok barazanji, serta fasilitas pekerjaan dan pembukaan lapangan pekerjaan 
bagi pengangguran. 


Penulis: Saharuddin/B