Skip to main content

Lukman, Pelaku Hipnotis di Makassar yang Dipecat dari Anggota TNI

LUKMAN
Lukman, mantan anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI), terpaksa diringkus Tim khusus (Timsus) Polda Sulawesi Selatan karena terlibat aksi penipuan dengan modus hipnotis. (IST)

 

KABAR.NEWS, Makassar - Lukman (44), mantan anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) terpaksa diringkus Tim khusus (Timsus) Polda Sulawesi Selatan, karena terlibat dalam aksi tindak pidana penipuan dengan modus hipnotis

 

"Ia merupakan mantan anggota TNI yang dipecat, karena ada kesalahan fatal yang dilakukan semasa menjadi anggota," kata Ipda Artenius MB, Panit Timsus Polda Sulsel, Selasa (13/2/2018).

 

Arten menjelaskan, saat dilakukan penangkapan, Kartu Tanda Anggota (KTA) milik pelaku masih ia miliki dan disimpan di dompetnya. "Namun pada saat diselidiki, ternyata pria ini bukan lagi anggota," katanya.

 

Berdasarkan interogasi, setelah pelaku dipecat dari anggota TNI, ia langsung bergabung dengan pelaku penipuan modus hipnotis. Pelaku tercatat memiliki kelompok kecil, dan melakukan aksinya bersama-sama.

 

"Ia berkelompok, dan dia sudah sering melakukan penipuan dengan cara hipnotis. Dan aksinya biasa dilakukan di beberapa Kabupaten seperti Maros dan juga Makassar," tambahnya.

 

Dikabarkan sebelumnya, Lukman berhasil diamankan oleh warga setelah melakukan penipuan hipnotis dengan modus berpura-pura menjual jam tangan rolex. Namun, aksinya gagal. Sedangkan rekannya, Colleng, berhasil kabur.

 

"Hingga saat ini pelaku bersama barang bukti mobil telah diamankan di Mapolsek Panakkukang, untuk dilakukan proses hukum lebih lanjut. Sementara Colleng masih dalam pengejaran anggota," pungkas Arten.

 

  • Lodi Aprianto