Lomba Paralayang Hingga Karnaval Budaya bakal Meriahkan Magical Toraja

- Digelar PMTI memperingati 775 kebudayaan Toraja

Lomba Paralayang Hingga Karnaval Budaya bakal Meriahkan Magical Toraja
Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI) menggelar konferensi pers event Magical Toraja di Rantepao, Toraja Utara, Sabtu (20/8/2022). (KABAR.NEWS/Febriani)






KABAR.NEWS, Rantepao - Event Magical Toraja yang digelar Agustus bulan ini bakal diisi sejumlah perlombaan dan pertunjukan publik di Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara, Sulawesi Selatan. Dua di antaranya adalah lomba paralayang dan karnaval budaya.


Magical Toraja merupakan event yang dicetuskan oleh Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI) untuk memperingati 775 tahun kebudayaan Toraja dan HUT ke-77 Republik Indonesia.


Ketua Panitia Magical Toraja Belo Tarran mengatakan, rangkaian acara ini sudah dimulai sejak 15 Agustus dengan item acara lomba foto, vlog dan desain home stay sebagai pra event.


"Resmi event ini nanti pembukaan nanti tgl 25 dengan kita adakan festival marchin band dan drumband, carnaval fashion budaya dan atraksi budaya serta paralayang yang diikuti 50 atlet," ujar Belo Tarran pada konferensi pers di Rantepao, Toraja Utara, Sabtu (20/8/2022). 


Magical Toraja dipusatkan di Pasar Seni Makale, Tana Toraja hingga 31 Agustus 2022. Meski begitu, pembukaan event ini akan berlangsung di Lapangan Bakti Rantepao pada 25 Agustus.


Menurut Bello Tarran, Magical Toraja mendapat dukungan dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata maupun support dari Pemprov Sulsel dan pemerintah daerah setempat.


"Para peserta festival maupun carnaval ini datangnya dari berbagai pihak tidak hanya dari Tana Toraja, Toraja Utara ataupun Mamasa dengan maksud untuk meningkatkan jiwa kompetisi, semangat kompetisi generasi muda, percaya diri meningkat," kata Bello.


Di tempat yang sama Sekjen PMTI, Dating Palembangan menambahkan, Magical Toraja merupakan event besar memperingati HUT RI dan juga mensyukuri etnis Toraja ke-775 tahun.


Tujuan utama dari Magical Toraja untuk membangkitkan semangat UMKM, baik di Tana Toraja maupun Toraja Utara dan Mamasa.


"Event ini merupakan ajang promosi pariwisata dan budaya Toraja, yang merupakan salah satu program PMTI. PMTI sendiri membuat suatu slogan dengan harapan bahwa seluruh diaspora Toraja dapat mengajak diaspora untuk hadir di Toraja setiap saat untuk membangkitkan pariwisata daerah," pungkasnya.


Penulis : Febriani/A