Lima Warga Jeneponto Positif Corona, Varian Omicron?

*Beberapa ada yang isolasi mandiri

Lima Warga Jeneponto Positif Corona, Varian Omicron?
Ilustrasi tes Covid-19. (KABAR.NEWS/Irvan Abdullah)






KABAR.NEWS, Jeneponto - Kasus positif Covid-19 di Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan kembali ditemukan. Setidaknya ada 5 orang dilaporkan terkonfirmasi positif corona. 


Empat di antaranya menjalani isolasi mandiri dan satu orang dirawat di Rumah Sakit Haji kota Makassar.


Juru Bicara Satgas Covid-19 Jeneponto Suryanigrat menjelaskan, temuan ini kali pertama diketahui setelah salah seorang warga berdomisili di Jeneponto dirawat di Rumah Sakit Takalar.


Orang tersebut lantas dinyatakan terkonfirmasi positif corona berdasarkan hasil swab dari pihak rumah sakit setempat.


"Awalnya ada 1 orang yang dirawat di rumah sakit swasta di Takalar dan di-swab di sana, ternyata positif," kata Suryaningrat kepada KABAR.NEWS via telepon, Senin (7/2/2022).


Atas temuan itu, pihak rumah sakit Takalar kemudian menginformasikan hasilnya kepada Satgas Covid-19 Jeneponto untuk dilakukan pelacakan kontak.


Dari hasil pelacakan kontak tersebut, Satgas Jeneponto mendapati dua warga Kecamatan Bangkala positif Covid-19. "Selanjutnya dilakuan tracing, kami menemukan dua lagi. Kalau per hari ini sudah lima. Ada dua lagi di Binamu," kata Suryaningrat.


Suryaningrat menyebut bahwa temuan lima kasus baru Covid-19 ini membuat pemerintah daerah merasa cemas. "Pastilah kami khawatir," singkatnya.


Ditanyaka apakah lima kasus baru ini merupakan varian Omicron, Suryaningrat mengungkapkan bahwa hal itu belum diketahui. Sampel hasil tes telah dikirim ke Jakarta untuk diperiksa lebih lanjut.


"Variannya belum bisa diketahui karena sampelnya harus dikirim dulu ke Litbangkes Jakarta untuk mengetahui jenis virusnya," beber dia.


Padahal kata dia, daerah berjuluk Butta Turatea ini sejatinya sudah 25 hari nol kasus sesaat sebelum ditemukan kasus baru ini. "Terakhir 3 Januari ada kasus, 25 hari kita menjaga jumlah kasus di angka 0," tegasnya.


Oleh karena itu, pemerintah daerah berpesan kepada masyarakat untuk senantiasa menjaga protokol kesehatan. Sekadar diketahui, jumlah kasus Covid-19 di Jeneponto sejak pandemi sudah menyentuh angka 2.511 orang dan sembuh 2.432 orang.


Penulis: Akbar Razak/B