Lima Anak di Sulsel meninggal dunia diduga Gagal Ginjal Akut

* Ditemuka di Makassar hingga Palopo

Lima Anak di Sulsel meninggal dunia diduga Gagal Ginjal Akut
Ilustrasi ginjal manusia. (Unsplash/Robina Weermijer)

KABAR.NEWS, Makassar - Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan mengumumkan ada lima  dari delapan anak yang dilaporkan terserang gagal ginjal akut "misterius" hingga meninggal dunia.


Kepala Dinkes Sulsel, Rosmini mengatakan, delapan kasus anak terserang Acute Kidney Injury tersebut, ditemukan pada berbagai daerah yakni Kota Makassar, Palopo, Kabupaten Sidrap, Takalar, Gowa dan Maros. 


Kasus gagal ginjal misterius di Sulsel dilaporkan terjadi mulai Agustus hingga Oktober 2022.
"Enam kasus sebelum Agustus dan dua pada bulan Oktober," ungkapnya. 


Rosmini merinci, dari delapan kasus gagal ginjal aku ini, sebanyak enam diantaranya dilaporkan meninggal dunia. Pada Agustus, sebanyak 4 kasus meninggal. Sedangkan di Oktober, sebanyak dua kasus meninggal. 


"Seluruh kasus lama, sebelum Agustus 2022. Seluruh kasus ini juga terkonfirmasi positiv Covid-19," bebernya. 


Dia menyebut, pada September 2022 ini, sementara dilakukan verifikasi kasus di RSUP Wahidin Sudirohusodo Sulsel. Kalau nantinya ini terkonfirmasi Gangguan Ginjal Akut Progresif Atipikal/Acute Kidney Injury (AKI), maka akan segera dilaporkan. 


"Akan segera dilaporkan hasil verifikasinya oleh dokter ahli ginjal anak di RS Wahidin Sudirohusodo," bebernya. 


Rosmini juga mengaku, Dinkes Sulsel telah mengeluarkan edaran atau imbauan BPOM ke semua rumah sakit, apotek dan klinik di Sulawesi Selatan. Agar tak ada dokter atau tenaga kesehatan yang meresepkan obat yang dilarang oleh BPOM.