Legislator PDIP Minta Disnaker Makassar Solutif atasi Pengangguran

- Khususnya selama pandemi

Legislator PDIP Minta Disnaker Makassar Solutif atasi Pengangguran
Anggota DPRD Makassar Fraksi PDIP, William Laurin. (IST/HMS)






KABAR.NEWS, Makassar - Pandemi Covid-19 menyebabkan banyak orang di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, kehilangan sumber mata pencaharian. Alhasil jumlah penganggur pun meningkat. Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) diminta untuk lebih solutif mengatasi masalah ini.


Anggota DPRD Kota Makassar Fraksi PDIP, William Laurin mengatakan hampir setahun pandemi Covid-19 menyerang, tidak saja gangguan kesehatan yang ditimbulkan, ekonomi pun babak belur dibuatnya. Dampaknya, sudah tidak terhitung jumlah tenaga kerja yang di-PHK karena ketidakmampuan perusahaan memberi upah.


Kondisi inilah kata William, Disnaker Kota Makassar harus lebih solutif menemukan cara agar jumlah pengangguran di Makassar tidak bertambah. Apalagi Covid-19 belum ada bayangan kapan akan berakhir. 


"Mengatasi jumlah pengangguran di Kota Makassar harus dimulai dari pendataan rutin terhadap tenaga kerja, khususnya yang terdampak, agar bisa dipetakan untuk dicarikan solusi," kata William dalam keterangannya di Makassar, Selasa (5/1/2021).


Menurutnya pendataan itu meski tidak diminta, Disnaker Makassar sudah seharusnya menginisiasi. "Ini tidak perlu kami bilang, harusnya disnaker sudah punya inisiatif lah. Masa dia tunggu data dari BPS, jadi persoalan ini lama tidak bisa cepat kita selesaikan," ungkap legislator dua periode ini.


William melanjutkan bahwa jika Pemkot Makassar sudah memiliki data, maka data tersebut bisa dijadikan acuan evaluasi dalam berbenah di tahun 2021. Terlebih lagi, DPRD Kota Makassar mengaku masih menerima sejumlah aduan terkait persoalan pemutusan kerja dari masyarakat.


"Persoalan ketenagakerjaan erat kaitannya dengan pandemi Covid-19. Gelombang PHK hingga pekerja yang dirumahkan bahkan dilaporkan mencapai 30 laporan per harinya ini kami terima dan harus segera diatasi," ujarnya.


Sebelumnya data Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan Tingkat Pengangguran Terbuka(TPT) meningkat dari 5,23 persen pada Agustus 2019 menjadi 7,07 persen pada Agustus 2020. Jumlah pengangguran naik 2,67 juta menjado 9,77 juta orang pada Agustus lalu.


Penulis: Rahma Amin/B