Skip to main content

Legislator Makassar Geram, Minta THM Barcode Ditutup

barcode
THM Barcode menuai kecaman dari Legislator Makassar (KABAR.NEWS)

KABAR.NEWS, Makassar - Anggota DPRD Kota Makassar, Abdi Asmara mengecam keras beroperasinya kembali Tempat Hiburan Malam (THM) Barcode di Jl Amanagappa, Kecamatan Ujung Pandang, kota Makassar. Padahal sebelumnya, Komisi A bersama dengan unsur Pemkot Makassar melakukan inspeksi mendadak (Sidak) dan menyegel Barcode.

 

Alasannya, Barcode hanya mengantongi izin usaha Cafe and Resto namun di dalamnya terdapat aktivitas diskotik (THM). Selain itu, lokasi THM Barcode juga berhadapan langsung dengan sarana pendidikan seperti SMA 16 Makassar dan SMP 2 Makassar.

 

Ketua Komisi A DPRD Makassar, Abdi Asmara mengatakan bahwa, dirinya bersama dengan Pemkot Makassar telah melakukan Sidak dan menemukan ada aktivitas hiburan malam. Sementara izin Barcode hanya untuk cafe and resto, olehnya itu, Anggota DPRD Fraksi Demokrat ini meminta THM Barcode untuk segera ditutup.

 

"Waktu saya (Komisi A DPRD Makassar), Sidak (THM Barcode) itu ditutup sementara, kemudian diperiksa dan diambil BAP sama satpol PP.  Ndak benar kalau dia beraktivitas tanpa menggunakan izin. Kalau dia sudah beraktivitas seperti THM lagi, tidak benar itu, harus segera ditutup tidak ada lagi kebijaksanaan," ucap Abdi Asmara melalui sambungan telepon, Selasa (26/12/2017).

 

THM Barcode menurut Abdi Asmara, memang diketahui sudah melakukan pelanggaran atas izin usaha. Namun pihak pengelola tetap nekat beroperasi, meski pihak DPRD Makassar dan Pemkot Makassar telah menyegel aktivitas THM.

 

"Dari awal dia (THM Barcode) melanggar, tidak ada izinnya untuk THM, yang ada hanya cafe and resto. Sementara THM kita tutup kemarin," tegasnya.

 

Abdi Asmara mengaku, penguasa bandel seperti itu tidak bisa diberikan kebijaksanaan, melainkan harus segera ditutup karena meresahkan masyarakat apalagi berhadapan dengan sarana pendidikan. "Saya tegas sesuai dengan Sidak kemarin, ini tidak ada ujungnya harus segera ditutup."

 

THM Barcode juga dianggap melanggar Perda no 5 tahun 2011 tentang usaha hiburan bar dilarang beroperasi dari jarak 200 meter dari tempat ibadah dan sekolah.Faktanya, Barcode persis berhadapan langsung dengan gedung sekolah, yakni SMA 16 Makassar dan SMP 2 Makassar.

 

Menanggapi hal tersebut, Ketua Asosiasi Usaha Hiburan Malam (AUHM), Zulkarnaen Alinaru tidak memungkiri beroperasinya THM Barcode karena ada lampu hijau dari pemkot Makassar untuk itu.

 

"Kita sudah bisa beroperasi kembali, kita urus juga izinnya untuk ditingkatkan ke izin Bar, sepanjang memenuhi aturan pemkot pasti berikan kebijaksanaan, kita juga renovasi tempat supaya lebih terang,"ujarnya kepada KABAR.NEWS.

 

Terkait larangan operasional Bar 200 meter dari tempat ibadah dan sekolah, berdasarkan Perda no 5 tahun 2011, Zul mengatakan itu urusan Dinas Pariwisata Makassar. "Langsung saja tanyakan ke Dinas Pariwisata kalau itu," tutupnya.

 

  • Ruslan-Frandi