Lawan Covid-19, Pegawai Diskominfo Sinjai Tes Swab Massal

- Hasilnya dua hari mendatang

Lawan Covid-19, Pegawai Diskominfo Sinjai Tes Swab Massal
Tes usap dahak atau swab terhadap pegawai Diskominfo Sinjai. (IST/HMS)






KABAR.NEWS, Sinjai - Seluruh pegawai pada Dinas Komunikasi Informatika (Diskominfo) dan Persandian Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, menjalani tes Swab massal. Kegiatan ini dimulai sejak pukul 08.00 Wita di lantai dua Diskominfo dan Persandian Sinjai, Rabu (20/1/2021) 


Swab massal dimulai dari Kadis Kominfo dan Persandian Sinjai Irwan Suaib, dilanjutkan Kepala Bidang, Kepala Seksi hingga staf baik yang berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun non ASN. 


Ketua Tim Swab Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Pemkab Sinjai, dokter Syamsul Bahri Akhas mengatakan pengambilan spesimen secara massal ini untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.  


Swab massal tersebut juga dilakukan diseluruh organisasi perangkat daerah (OPD) Lingkup Pemkab Sinjai. "Jadi hari ini tim kami bagi dua, selain Diskominfo juga di instansi lainnya", kata Syamsul dalam keterangan tertulis yang diterima KABAR.NEWS.


Menurut dokter Ancu sapaan akrabnya, bahwa sampel swab ini akan dikirim ke laboratorium Rumah Sakit (RS) Wahidin Makassar untuk diuji dengan metode Reverse Transcription Polymerase Chain Reaction (RT-PCR)


Sedang hasilnya, kata akan keluar sekitar 2-3 hari ke depan. "Inshaa Allah, hari ini juga kita kirim sampelnya untuk diuji di Laboratorium Wahidin", sambungnya. 


Kepala Seksi (Kasi) Kehumasan Kominfo dan Persandian Sinjai, Iswan Ahmad menyampaikan, jumlah pegawai yang menjalani tes Swab hari ini sebanyak 89 orang. Swab ini dilakukan untuk menjamin kenyamanan pelayanan di Diskominfo dan Persandian Sinjai. 


"Hari ini kita swab massal, selain ASN juga non ASN semuanya diwajibkan swab untuk memberi kenyamanan pelayanan di kantor kami. Alhamdulillah saya termasuk yang diswab juga", katanya. 


Bagi yang belum menjalani swab tes, maka akan diarahkan untuk melakukan swab di Laboratorium kesehatan daerah (Labkesda) di Dinas Kesehatan jalan Jenderal Sudirman. 


"Sesuai arahan Pak Kadis yang belum sempat tes swab hari ini, akan di swab di Labkesda", jelasnya. 


Dari data pegawai di Diskominfo dan Persandian Sinjai, tersisa satu staf yang belum menjalani swab karena sedang mendampingi isterinya ke Kabupaten Maros untuk menerima SK CPNS. 


"Iya ada satu orang staf kami yang belum tapi itu akan kita arahkan untuk swab juga setelah pulang dari Maros", tandas dia.