Skip to main content

Launching Aplikasi MOMS dan e-PNBP, Wamen ESDM: Permudah Hitung Royalti dan Pajak

ESDM
Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar bersama Wakil Gunernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman saat membuka Membuka acara Sosialisasi Minerba Online Monitoring System (MOMS) dan e-PNBP di Four Point by Sheraton, Jl. Andi Djemma Makassar, Selasa (12/2/2019).(KABAR.NEWS/Irvan Abdullah)


KABAR.NEWS, Makassar - Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arcandra Tahar membuka kegiatan sosialisasi aplikasi Minerba Online Monitoring System (MOMS) dan e-PNBP Minerba di Hotel Four Point by Sheraton di jalan Andi Djemma, Makassar, Selasa (12/2/2019).


Aplikasi MOMS tersebut merupakan aplikasi pengelolaan data real time untuk produksi dan penjualan sektor mineral batu bara (minerba). Adanya MOMS akan memudahkan pengendalian dan pengawasan pada produksi dan penjualan sektor minerba. 


Baca Juga:


Sementara e-PNBP Minerba adalah aplikasi online berbasis web untuk penghitungan dan pembayaran penerimaan negara bukan pajak (PNBP) minerba. Ada layanan ini, maka jumlah PNBP yang disetor lebih akurat.


Arcandra menyebutkan, aplikasi tersebut bisa menghitung secara akurat sekaligus mengetahui data sistem produksi minerba.


"Kita akan memproduksikan hasil tambang kita, hasil produksi jumlahnya per hari berapa. Jadi nanti dihitung royalti dan pajaknya seperti apa," kata Arcandra.


Ia menambahkan, segala data yang akan dieksopor semuanya termonitor secara nasional.


"Kalau di kementrian yang menjadi wewenang kita di pusat, itu sudah 100% semuanya. Termasuk tambang-tambang besar, itu sudah me-report kan setiap hari," imbuhnya.


Arcandra berharap, yang menjadi kewenangan gubernur bisa melakukan hal yang sama.


"Apa yang diproduksi dari masing-masing daerah itu bisa tercatat secara nasional, itu yang kita harapkan dari forum hari ini," jelasnya.


Tidak hanya itu, ESDM akan melakukan simulasi terkait cara mengelola aplikasi dalam pengimputan data dan me-report data.


"Jadi nanti masing-masing perusahaan langsung mendaftarkan diri, me report kan yang harus dimasukkan dalam sistem MOMS ini," imbuhnya.


Ia mengaku, telah menerima semua laporan terkait produksi perusahaan-perusahaan minerba yang di pusat.


"Setiap hari kita sudah tau persis produksi apa dari perusahaan tersebut, jenisnya apa, konsentrat nya apa, di ekspor kemana, siapa pembelinya, kapalnya apa, jam berapa ekspornya, ada semua," jelasnya.

  • Ratih Sardianti Rosi

 

loading...