Lantik Direktur Perumda Torut, Ombas Tak Ingin dengar Air Macet

*Juga ingin peningkatan kinerja

Lantik Direktur Perumda Torut, Ombas Tak Ingin dengar Air Macet
Bupati Kabupaten Toraja Utara Yohanis Bassang atau Ombas menandatangani berita acara pelantikan Direksi Perumda Toraja Utara, di kantor bupati, Marante, Rabu (2/3/2022). (KABAR.NEWS/Febriani)

KABAR.NEWS, Rantepao - Bupati Kabupaten Toraja Utara (Torut), Sulawesi Selatan, Yohanis Bassang atau Ombas melantik Direksi Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumda) di ruang pola perkantoran Marante, Kantor Bupati Toraja Utara, Rabu (2/3/2022).


Pelantikan tersebut berdasarkan surat keputusan Bupati Toraja Utara Nomor : 226/II/2022 Tentang Pengangkatan Direksi Perusahaan Umum Daerah Air Minum Toraja Utara, Moses Padsing Limbongan.


Yohanis Bassang dalam sambutannya mengungkapkan, pelantikan Direktur Perumda Torut dilakukan setelah melewati berbagai proses seleksi dan berharap adanya perubahan baik. Dia tak ingin mendengar ada keluhan air macet.


"Jangan ada informasi saya dapatkan dari masyarakat bahwa ada air macet ataupun pipa bocor apabila mendapatkan keluhan itu langsung bertindak, bekerja dan pasti Tuhan Akan menolongmu dalam bekerja," ucap Ombas.


Ombas juga menginginkan adanya peningkatan dari segi kinerja dan pendapat Perumda Torut selama dipimpin Moses Padsing Limbongan.


"Jangan biarkan daerah ini mengalami defisit terus dalam segi anggaran, ada kerinduan untuk membangun perusahaan kemasan air minum di daerah ini dengan label produk lokal Toraja dengan tujuan membuka lapangan kerja dan membangkitkan ekonomi masyarakat di Kabupaten Toraja Utara," harap Ombas.


Ia menambahkan, dengan mengadakan label air minum produk Toraja, Ombas memastikan ada sekitar ratusan tenaga kerja yang akan terserap untuk dapat bekerja.


"Bila perusahaan air minum di Toraja Utara dihadirkan, maka pihak bank bisa berkolaborasi dengan pemerintah daerah untuk membicarakan hal seperti ini, dan kita tahu tentunya ada ratusan orang yang akan menjadi tenaga kerja nantinya," tambah Ombas.


Diakui Ombas bahwa selama menjabat sebagai Plt. Direktur Perumda Torut, Maraya bisa menghasilkan pendapatan asli daerah (PAD) Rp600 juta lebih.


"Ini adalah hal yang luar biasa sehingga ini menjadi tantangan bagi Direktur Perumda yang baru agar bisa melewati target pencapaian pelaksana tugas sebelumnya," tandas Ombas.


Pelantikan tersebut turut hadir Wakil Bupati Torut Frederik V. Palimbong, Kepala Kejaksaan Negeri Tatoe Erianto L. Paundanan, Penjabat Sekretaris Daerah Torut Salvius Pasang, Wakapolres Torut Kompol Marthen Buttu, Kepala Staf Kodim (Kasdim) 1414 Tana Toraja Mayor Inf. Buttu Selfinus Tangkelangi.


Penulis: Febriani/A