Laksana Tri Handoko Jabat Kepala BRIN, Sosok Fisikawan Alumni Jepang

Sebelumnya menjabat Kepala LIPI

Laksana Tri Handoko Jabat Kepala BRIN, Sosok Fisikawan Alumni Jepang
Laksana Tri Handoko menyampaikan keterangan pers usai dilantik menjadi Kepala BRIN di Istana, Jakarta, Rabu (28/4/2021). (Foto: YouTube/Setneg)

KABAR.NEWS, Jakarta - Presiden RI Joko Widodo melantik Laksana Tri Handoko sebagai Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (28/4/2021). Handoko sebelumnya menjabat sebagai Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sejak 2018.


Pengangkatan Laksana Tri Handoko sebagai Kepala BRIN tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 19 M Tahun 2021 tentang pengangkatan Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional.


“Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, Presiden RI menimbang dan seterusnya, mengingat dan seterusnya memutuskan, menetapkan dan seterusnya, kesatu mengangkat Laksana Tri Handoko sebagai Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional terhitung sejak saat pelantikan dan kepada yang bersangkutan diberikan hak keuangan administrasi dan fasilitas lain sesuai peraturan perundang-undangan,” tulis Presiden dalam Keputusan Presiden tersebut yang dibacakan Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretaris Negara Nanik Purwanti di Istana Negara, Jakarta.


Pengangkatan Laksana itu ditetapkan di Jakarta pada 28 April 2021, seperti diktum kedua Keputusan Presiden tersebut. BRIN akan berada di bawah koordinasi Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek).


Handoko lahir di Malang, 7 Mei 1968. Melansir laman LIPI, pria berkacamata tersebut merupakan alumni strata 1 bidang fisika di Universitas Kumamoto Jepang pada tahun 1993.

Dua tahun kemudian atau tepatnya 1995, Handoko meraih gelar Master di Universitas Hiroshima Jepang bidang fisika teori. Kemudian pada tahun 1998, ia memperoleh gelar doktor pada universitas yang sama.


Handoko memulai karir sebagai peneliti di Pusat Penelitian Fisika tahun 1987 dan menjadi Kepala Grup Fisika Teori dan Komputasi Pusat Penelitian Fisika tahun 2002-2012. Selanjutnya tahun 2012-2014, menjabat sebagai Kepala Pusat Penelitian Informatika LIPI.