Kurangi Pengangguran, Pemkab Torut Latih Warga Menjahit Hingga Tata Rias

*Juga barista kopi

Kurangi Pengangguran, Pemkab Torut Latih Warga Menjahit Hingga Tata Rias
Bupati Toraja Utara Yohanis Bassang (kiri) menyerahkan secara simbolis peralatan pelatihan kepada peserta di Aula SMK Kr. Harapan, Rantepao, Rabu (23/3/2022). (KABAR.NEWS/Febriani)

KABAR.NEWS, Rantepao - Pemerintah Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan, melakukan berbagai upaya untuk menekan angka pengangguran. Salah satunya dengan menggelar pelatihan keterampilan untuk warga non-pekerja.


Seperti pada hari ini, Rabu (23/3/2022) kemarin. Pemkab Torut melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) menggelar Pelatihan Mobile Training Unit (MTU) angkatan I Tahun 2022 untuk sejumlah warga.


Pelatihan yang dilakukan antara lain, pelatihan menjahit 2 paket, pelatihan tatarias kecantikan 2 paket, pelatihan barista 1 paket. Pelatihan ini berlangsung di aula SMK Kr. Harapan Rantepao hingga 15 April 2022.


Panitia pelaksana, Alexander Tappang dalam laporannya menyampaikan bahwa pelatihan tersebut diikuti oleh 80 peserta dan akan mengikuti pelatihan selama 160 jam. 


"Sumber dana kegiatan diambil dari APBN. Kegiatan kita ini juga dilaksanakan oleh BLK Makassar yang kerjasama BLK Toraja Utara," ungkap Alexander Tappang. 


Alexander Tappang yang juga Sekretaris Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Torut menjelaskan kegiatan ini untuk membekali peserta dalam mencari pekerjaan.


Sementara Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang yang hadir membuka pelatihan menyampaikan ucapan terima kasih kepada SMK Kr. Harapan yang siap menjadi tuan rumah dalam kegiatan tersebut. 


"Apresiasi untuk Bapak Kepala SMK Kr. Harapan Rantepao Markus Sattu dan seluruh jajarannya memberikan tempat ini untuk digunakan sebagai pusat pelatihan beberapa hari kedepan," ucap Ombas, sapaan akrabnya.


Ia pun berpesan kepada peserta agar lebih memanfaatkan dan serius dalam mengikuti pelatihan tersebut. 


"Ikuti dengan cermat dan serius dalam mengikuti pelatihan ini, agar ilmu yang didapatkan dapat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari dan bisa membuka lapangan kerja sendiri, diharapkan seluruh peserta tekun dan fokus ikuti pelatihan ini," pesannya.


Penulis: Febriani/B