Kunjungi Korban Gempa di Sulbar,Jokowi : Rumah yang Roboh Kita Ganti

memastikan proses evakuasi dan bantuan kepada korban gempa terealisasi dengan baik. 

Kunjungi Korban Gempa di Sulbar,Jokowi : Rumah yang Roboh Kita Ganti
Presiden Joko Widodo saat mengunjungi korban lokasi gempa di Sulbar, Selasa(19/1).KABAR.NEWS/Darsil Yahya.






KABAR.NEWS, Mamuju - Presiden Jokowi mengungjungi Posko Induk pengungsi korban gempa di Stadion Manakarra, Mamuju, Selasa (19/1/2021).

Dari pantauan Kabar.News di lokasi Jokowi berkeliling ke tenda pengungsi. Serta ia juga membagikan makanan kepada anak-anak korban gempa Sulbar.

Dalam sambutannya, Jokowi mengaku kedatangannya ke Mamuju untuk meninjau secara langsung kondisi para korban bencana gempa Sulbar. 

"Assalamualikum Watahmarulahi Wabarakatuh, siang ini saya berkunjung ke Sulawesi Barat khususnya di Mamuju saya melihat kelapangan melihat gedung-gedung pemerintah yang roboh, rumah-rumah penduduk yang roboh akibat gempa bumi yang terjadi lima hari yang lalu," kata Jokowi kepada awak media di Posko Induk Stadion Manakarra

Jokowi juga mengatakan kehadiran di Mamuju untuk memastikan proses evakuasi dan bantuan kepada korban gempa terealisasi dengan baik. 

"Saya datang untuk memastikan bahwa proses evakuasi dan proses bantuan kepada masyarakat untuk pengungsi dan juga tenda-tenda pengungsi terkelola dengan baik," ucapnya.

Mantan Wali Kota Solo ini juga berjanji akan membantu membangun kembali kantor atau gedung pemerintahan Provinsi Sulbar yang roboh akibat dihantam gempa magnitudo 6,2 pada Jumat (15/1/2021) lalu. 

"Dan saya juga sampaikan kepada Pak Gubernur (Sulbar) untuk gedung pemerintah yang roboh setelah diaudit nanti segera pemerintah pusat akan bangun kembali," ujarnya. 

Tak hanya itu, Jokowi juga berjanji akan membatu masyarakat yang rumahnya roboh pasca gempa. Ganti rugi tersebut akan disesuaikan dengan kondisi rumah para korban.

"Kemudian untuk rumah penduduk yang roboh pemerintah akan membantu untuk yang rusak berat Rp50 Juta, untuk yang rusak sedang Rp25 Juta dan untuk yang rusak ringan yang banyak retak-retak Rp 10 Juta," tuturnya. 

Olehnya itu, orang nomor satu di Indonesia ini berharap kondisi Sulbar pasca gempa segera kembali membaik, baik dari segi kondisi korban maupun ekonomi dan pemerintah.

"Kita harapkan dengan bantuan dari pemerintah pusat kemudian kembali baik, rumah-rumah yang roboh maupun pemulihan ekonomi, pemulihan proses layanan di pemerintahan akan kembali normal," tandasnya.

Dalam kesempatan itu, Jokowi didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar dan Kepala BNPB Doni Monardo Kepala BMKG Dwikorita Karnawati.

Sebelum ke Posko Induk Stadion Manakarra, terlebih dahulu Jokowi meninjau dan melihat kondisi Kantor Gubernur Sulbar yang roboh akibat gempa magnitudo 6,2.

Penulis :  Darsil Yahya/A