Skip to main content

Kuasai Stadion Andi Mattalatta, NA: Itu Perintah Undang-undang

NA Hormati YOSS, Penertiban Mattoanging Diklaim Perintah Hukum
Papan bicara yang dipasang petugas dari Pemprov Sulsel di depan Stadion Andi Mattalatta Mattoanging, Makassar, Selasa (10/9/2019). (KABAR.NEWS/Irvan Abdullah)

KABAR.NEWS, Makassar - Gubernur Provinsi Sulsel, Nurdin Abdullah, angkat bicara tentang pemasangan papan bicara atau plang di Stadion Andi Mattalatta Mattoanging yang menuai penolakan dari pihak Yayasan Olahraga Sulawesi Selatan (YOSS).


"Sekali lagi, apa yang dilakukan Pemprov Sulsel sudah benar, penertiban itu merupakan perintah undang-undang," kata Nurdin Abdullah melalui keterangannya, Selasa (10/9/2019).


Baca juga: Ilham Mattalatta Geram, Minta Pemasangan Papan Bicara Stadion Mattoanging Ditunda

Pengambilalihan Stadion Andi Mattalatta menurut Nurdin, berdasar data autentik yang diklaim aset milik Pemprov Sulsel dan telah melalui proses yang cukup panjang. Mulai dari mediasi dengan Kejati Sulsel, hingga berkomunikasi dengan YOSS dan KONI.


"Kita berhak mengamankan aset negara. Tanpa mengurangi rasa hormat saya pada YOSS, kami tidak ada niat apa-apa kecuali hanya mengamankan aset negara," ungkap Mantan Bupati Kabupaten Bantaeng dua periode itu.


Dia juga menepis statement yang dilontarkan Pembina YOSS, Ilhamsyah Mattalatta bahwa ambil-alih lahan tersebut belum diterima sepenuhnya oleh YOSS sebagai pihak yang mengelola markas PSM Makassar itu selama puluhan tahun.


"Kalau saya itu tidak benar. Jadi prosesnya kan begini, kita sudah menyerahkan kuasa kepada Kejaksaan Tinggi sebagai pengacara negara. Inilah yang memanggil YOSS berkali-kali dan beberapa hal sudah digali, berikutnya atas kesepakatan Korsubgah KPK dan Kejaksaan Tinggi, maka inilah langkah hari ini kita ambil," katanya.


Pemprov Sulsel juga sudah mempelajari seluruh dokumen yang ada dan beberapa saksi hidup, termasuk Prof Muntaha, sudah menjelaskan. Bahwa stadion tersebut merupakan aset Pemprov yang dulunya diserahkan ke KONI. Kemudian, KONI menyerahkan ke YOSS sebagai pengelola.


Baca juga: Ilham Mattalatta Geram, Minta Pemasangan Papan Bicara Stadion Mattoanging Ditunda

"Tentu kami menyurati KONI untuk mencabut izin pengelolaan YOSS dan itu sudah dilakukan. Dan oleh KONI sudah menyerahkan kembali ke Pemprov," pungkas Nurdin Abdullah.


Sebelumnya Pemprov Sulsel melalui Biro Pengelolaan Aset Daerah melalukan pemasangan plang atau papan bicara di depan pintu masuk tribune VIP Stadion Andi Mattalatta Mattoanging, Selasa (10/9/2019).


  • Chaidir/CP/B

 

loading...