Skip to main content

Kualifikasi Piala Eropa 2020: Spanyol Menang Tipis, Italia Sukses Tekuk Filandia 2-0

Laga Kualifikasi Piala Eropa 2020.(Gettys Images)


KABAR.NEWS - Laga Kualiafikasi Piala Eropa 2020 tersaji di dua tempat saat Spanyol menjamu Norwegia dan Italia menghadapi Filandia. Dalam pertama tersebut, Spanyol dan Italia berhasil mengalahkan Norwegia dan Filandia. 


Melakoni laga Grup F di Stadion Mestalla, Senin (24/3/2019) dinihari WIB. Spanyol bermain dominan dari awal sampai akhir. Statistik ESPNFC mengungkapkan, Spanyol memiliki keunggulan penguasaan bola mencapai 75% dibanding Norwegia yang hanya 25%. Tim besutan Luis Enrique itu juga melahirkan banyak peluang yaitu 26 percobaan dengan 11 di antara mengarah ke sasaran.


Baca Juga:


Pada menit ke-16, Spanyol membuka keunggulan 1-0 memulai Rodrigo. Bekerja sama dengan Marco Asensio, Jordi Alba mengirim umpan silang akurat kepada Rodrigo yang diteruskan sontekan dari jarak dekat. Spanyol memimpin 1-0.


Spanyol hampir memperbesar skornya dua menit kemudian. Dari set-piece Dani Parejo mengim umpan kepada Alvaro Morata untuk diteruskan dengan sundulan keras. Kiper Rune Jarstein merentangkan badannya untuk membuat penyelamatan gemilang. 


Pada menit ke 65, Norwegia mendapatkan penalti saat Inigo Martinez menjatihkan Johnsen di kotak 12 pas sehingga memaksa wasit menunjuk titik putik.


Joshua King maju sebagai eksekutor dengan melepaskan tembakan keras. De Gea bisa menebak arah bola, tapi aliran bola begitu deras sehingga tak mampu dicegahnya. Skor 1-1 di menit ke-65.


Spanyol merespons secara instan. Hanya enam menit kemudian, Spanyol berhasil unggul kembali dengan kedudukan 2-1. Diawali dari kesalahan back-pass, Morata bisa merebut bola. Wasit menghadiahi Spanyol setelah Morata dijatuhkan Jarstein. Bek sekaligus kapten Spanyol Sergio Ramos melakukan penalti panenka.


Di pertandingan lain, Italia memetik kemenangan 2-0 saat menjamu Finlandia di Kualifikasi Piala Eropa 2020 di Dacia Arena, Minggu (24/3/2019) dinihari WIB. Dua gol kemenangan Italia dicetak Nicolo Barella dan Moise Kean.


Italia sudah unggul di menit ketujuh dari situasi bola mati. Tendangan bebas Marco Verratti gagal disapu pertahanan Finlandia lalu disambar Barella di depan kotak penalti, bola berakhir di pojok kanan atas gawang usai membentur Sauli Vaisanen.


Peluang lain dicatatkan Italia di menit ke-13, ketika umpan silang Kean disambut tembakan Cristiano Piccini. Upayanya masih berakhir menyamping.


Italia melepaskan sejumlah tembakan di sisa waktu babak pertama, tapi belum membuahkan hasil. Babak pertama berakhir 1-0.


Italia lalu memperlebar keunggulan di menit ke-74. Ciro Immobile merangsek dan melepaskan umpan terobosan yang diselesaikan dengan tenang oleh Kean ke pojok kiri bawah gawang.


Gol ketiga hampir didapatkan Italia pada menit ke-81 lewat sentuhan pertama Fabio Quagliarella. Umpan silang Federico Bernardeschi mengarah kepadanya dan disambut sepakan, tapi Lukas Hradecky bisa menepis bola.


Skor 2-0 tak berubah lagi sampai pertandingan usai. Dengan tiga poin di laga pertama ini, Italia sementara ada di posisi dua mengoleksi poin yang sama dengan Yunani di puncak dan Bosnia Herzegovina di posisi tiga.


Yunani menang 2-0 saat bertandang ke Liechtenstein, sementara Bosnia Herzegovina menang 2-1 atas Armenia. Armenia sementara di urutan empat, disusul Finlandia dan Liechtenstein.