Kreativitas Warga Ujung Bulu Jeneponto Bikin Bendera Merah Putih Berukuran 77 meter

- Diarak untuk dikibarkan di Gunung Bontolojong

Kreativitas Warga Ujung Bulu Jeneponto Bikin Bendera Merah Putih Berukuran 77 meter
Sebuah bendera merah putih raksasa berukuran 77 meter diarak puluhan warga dan pemuda di Desa Ujung Bulu, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, Senin (15/8/2022). (KABAR.NEWS/Akbar Razak).






KABAR.NEWS, Jeneponto - Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia disambut penuh antusias oleh  pemuda di Desa Ujung Bulu, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan.


Warga Desa Ujung Bulu menyambut Hari Kemerdekaan ini dengan membuat bendera merah putih berukuran 77 meter. Pada Senin (15/8/2022) kemarin, bendera tersebut diarak menuju Agrowista Bontolojong yang berada di desa setempat.


Pantauan KABAR.NEWS di lokasi, bendera berukuran raksasa ini diarak secara stafet dengan berjalan kaki sejauh lima kilometer.


Arak-arakan bendera ini pun harus melewati empat dusun sebelum sampai di puncak Agrowisata Bontolojong. Seperti Dusun Kayu Colo, Kambutta Toa dan Bontojai.


Pengibaran bendera di puncak gunung merupakan salah satu kreativitas warga setempat dalam memupuk semangat nasionalisme dan patriotisme.


Kepala Desa Ujung Bulu, Mansur, mengatakan bendera sepanjang 77 meter ini sengaja dirancang sebagai simbol HUT RI ke-77.


"Terkait arak-arakan bendera merah putih yang panjangnya 77 meter sebagai simbol dimana hari kemerdekaan ini tepat ke-77 tahun," kata Mansur kepada KABAR.NEWS.


Dia mengklaim bendera merah putih yang diarak warga itu terbesar dan terpanjang sepanjang sejarah di daerah berjuluk Butta Turatea ini.


"Sepanjang sejarah bahwa di Kabupaten Jeneponto ini yang pertama kali di lakukan. Mudah-mudahan kita semua mampu untuk lebih dewasa, mandiri sebagai rakyat Indonesia yang merdeka," tegasnya.


Rencananya, lanjut Mansur, puluhan warga dan pemuda desa akan menggelar upacara HUT ke-77  RI di Gunung Bontolojong pada Rabu, 17 Agustus 2022.


Selain warga setempat, para pendaki yang camping di Bontolojong dilaporkan akan ikut dalam upacara tersebut.  Bendera merah putih berukuran raksas ini akan dikibarkan selama tiga hari berturut-turut.


Penulis: Akbar Razak/A