KPU Torut Tetapkan 302 Calon PPK Lolos Tes Tertulis

* Selanjutnya tes wawancara

KPU Torut Tetapkan 302 Calon PPK Lolos Tes Tertulis
Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi asyarakat dan SDM KPU Torut, Anshar Tangkesalu saat mengawasi tes tertulis calon PPK dengan metode CAT, di SMK Negeri 1 Toraja Utara, Rantepao, Selasa (6/12/2022). (KABAR.NEWS/Febriani)






KABAR.NEWS, Rantepao - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Toraja Utara (Torut), Sulawesi Selatan pada Kamis (8/12/2022) tetapkan 302 calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang lulus seleksi tertulis berbasis Computer Assited Test (CAT).


Tes tertulis calon PPK se-Kabupaten Torut untuk Pemilu tahun 2024 digelar di SMK Negeri 1 Torut, Rantepao, Selasa (6/12/2022). Tes tersebut terbagi dalam tiga sesi yang diikuti 385 peserta.


"Dari 385 orang mengikuti seleksi tertulis melalui metode CAT yang terdapat laki-laki 153 dan perempuan 149. Dan jumlah 302 peserta dinyatakan lulus seleksi KPU Toraja Utara," kata Anggota KPU Torut Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Anshar Tangkesalu, Kamis.


Anshar menjelaskan, pihaknya menetapkan tiga kali lipat dari jumlah lima orang kuota calon PPK untuk setiap kecamatan. Apabila terdapat kesamaan nilai standar pada tes tertulis, maka nilai yang sama dinyatakan lulus. 


Hal itu sesuai dengan keputusan KPU RI nomor 476 tahun 2024 tentang pedoman teknis pembentukan badan penyelenggara pemilu dan pemilihan gubernur dan wakil gubernur bupati dan wakil bupati wali kota dan wakil wali kota.


"Kedua jika peserta tes tulis kurang dari tiga kali kebutuhan, maka semuanya diikutkan ke tes wawancara karena tidak menggunakan standar nilai," jelas Anshar.


"Bagi peserta yang belum berkesempatan lanjut ke tahapan wawancara tidak perlu berkecil hati karena KPU Toraja Utara masih membuka pendaftaran penyelenggara pemilu badan adhoc Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat Lembang/kelurahan yang nantinya akan dimulai pada tanggal 18 Desember 2022 mendatang," tandas Anshar.


Penulis: Febriani/B