KPU Torut Mulai Sortir dan Lipat Surat Suara Pilkada

Diawasi Bawaslu dan Kepolisian

KPU Torut Mulai Sortir dan Lipat Surat Suara Pilkada
Petugas saat melakukan pelipatan surat suara di Aula KPU Torut, Rantepao. Rabu (25/11/2020). (KABAR.NEWS/Febriani).












KABAR.NEWS, Rantepao - Jelang pelaksanaan Pilkada pada 9 Desember, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Toraja Utara, Sulsel, mulai menyortir dan melipat surat suara.


KPU Torut melibatkan 53 petugas yang akan melipat 167.845 surat suara yang ada pada 85 dos di Aula KPU Torut, Rantepao, Rabu (25/11/2020)


Ketua KPU Torut Bonnie Freedom menjelaskan, penyortiran dan pelipatan surat suara ini diawasi langsung Bawaslu Torut dan anggota kepolisian Polres Torut. Juga disaksikan pengadilan, tim kampanye paslon sebelum disortir.

"Surat suara sebelum disortir dan dilipat kami periksa terlebih dahulu mulai dari segelnya, lalu digunting satu per satu selanjutnya dicocokan dan dibagi kepada petugas per dos untuk disortir dan dilipat," kata Bonnie di Rantepao, Rabu.


Dikatakan Bonnie, 85 dos yang berisi surat suara sebanyak 167.845 tersebut menargetkan untuk diselesaikan dalam 1 hari.


"Kita sangat mengupayakan untuk selesai hari ini dan apabila tidak selesai kita akan lanjutkan besok dengan orang yang sama" ungkapnya.


Terkait beberapa surat suara yang ditemukan tidak layak akan disatukan, disortir kembali dan dipisahkan. "Kami akan memperketat penyortiran ini."


Ia menyebutkan pihak KPU selalu berkoordinasi dengan Bawaslu, Polres Torut, Pemda, Makodim ToruT terkait pengamanan logistik dan berharap proses semuanya berjalan aman serta lancar.


Penulis: Febriani/B