KPU Tetapkan Utta-Edy Sebagai Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba Terpilih

Dalam rapat pleno

KPU Tetapkan Utta-Edy Sebagai Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba Terpilih
Rapat Pleno Terbuka KPU Bulukumba tentang penetapan Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba terpilih, Kamis (18/2/2021). (IST)






KABAR.NEWS, Bulukumba - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, menggelar rapat pleno penetapan calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih Pilkada 2020 di Rumah Makan Bersama, Bulukumba, Kamis (18/2/2021).


Pada rapat ini, KPU menetapkan pasangan Andi Muchtar Ali Yusuf- Andi Edy Manaf (Andi Utta-Edy) sebagai calon Bupati dan wakil bupati terpilih dengan perolehan 92.978 suara.


Ketua KPU Bulukumba Kaharuddin mengatakan rapat penetapan tersebit baru bisa dilaksanakan pasca Mahkamah Konstitusi (MK) menolak permohonan perselisihan hasil pemilihan yang diajukan paslon lain.


"Kegiatan hari ini adalah rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon terpilih tahun 2020. Dimana agenda utamanya adalah pembacaan surat surat putusan KPU Bulukumba untuk penetapan calon bupati dan wakil bupati pasca tahapan sengketa di Mahkama Konstitusi  atau perselisihan hasil pemiliha," ujar Kaharuddin.


Kata dia, bahwa Andi Muchtar Ali Yusuf- Andi Edy Manaf sebagai calon bupati dan wakil bupati terpilih tidak diwajibkan hadir dalam acara tersebut. Sehingga yang hadir hanya tim pemenangan.


"Sesungguhnya paslon itu tidak wajib untuk hadir secara subtansi tadi itu di wakili oleh tim pemenangan dan partai pengusung, kemudian tadi juga sudah ada Bawaslu," jelasnya.


"Jika dibandingkan tingkat pertisipasi pemilih Pilkada yang lalu, kurang 59 persen dan hari ini 74.2 persen ada peningkatan 15 persen dari Pilkada 5 tahun yang lalu," pungkasnya.


Penulis: Akbar Razak/C