KPU Sulsel umumkan Tim Kampanye Capres: TPD Ganjar Ratusan Orang, AMIN cuma 4 

* TKD Prabowo - Gibran hanya terdaftar 2 orang

KPU Sulsel umumkan Tim Kampanye Capres: TPD Ganjar Ratusan Orang, AMIN cuma 4 
Pencabutan nomor urut calon presiden dan wakil presiden Pemilu 2024. (Antara Foto/Galih Pradipta)

KABAR.NEWS, Makassar - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Selatan (Sulsel) mengumumkan struktur tim kampanye daerah tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden Pemilu 2024.


Dari lampiran Tim Kampanye Provinsi Capres diumumkan KPU Sulsel, Jumat (1/12/2023), pasangan capres Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar atau AMIN tercatat hanya memiliki empat nama tim kampanye.


Mereka terdiri dari Ketua DPW Partai Nasdem Sulsel, Rusdi Masse dan Sekretaris, Syaharuddin Alrif. Kemudian Bendahara Muhammad Sadar dan Ketua Bappilu Nasdem Sulsel, Rudianto Lallo. 


Tak ada politisi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) maupun Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sebagai koalisi pengusung AMIN bersama Nasdem.


Syaharuddin Alrif belum menjawab permintaan wawancara KABAR.NEWS perihal hanya empat nama yang masuk dalam Tim Kampanye AMIN di Sulsel.


Sebelumnya, Wakil Ketua DPRD Sulsel tersebut mengatakan, struktur Tim Kampanye AMIN di Sulsel bakal mengakomodir relawan maupun tokoh masyarakat.


Tidak Terdaftar Boleh Ikut Kampanye


Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Sulsel, Hasruddin Husain mengatakan, nama - nama yang tidak ada dalam tim daerah tetap boleh ikut kampanye.


"Ada atau tidak namanya dalam lampiran itu, tidak apa-apa ikut [kampanye]. Misal, ada capresnya datang kampanye di sini dan pengurus partai koalisi mau ikut, yah silahkan. Selama itu mempunyai izin dari polisi dan pemberitahuan kepada KPU dan Bawaslu," ujar Hasruddin Husain saat dihubungi, Jumat.


Mantan Ketua KPU Parepare ini mengatakan, tidak ada kewajiban setiap capres untuk memasukkan nama tim kampanye daerah kepada KPU. Baik itu tim di tingkat provinsi maupun kabupaten kota.


"Yang jelas tim kampanyenya di tingkat pusat ada. Cukup memberitahukan pelaksana kampanyenya, apakah itu tim pusat atau daerah," jelas Hasruddin.


Sementara itu, hanya ada dua nama dalam Tim Kampanye Capres Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka tingkat Sulsel yang diumumkan KPU.


Keduanya adalah Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Sulsel Prabowo - Gibran, Damisnur dan Sekretaris Darmawangsyah Muin yang juga sekretaris DPD Partai Gerindra Sulsel.


TPD Sulsel Ganjar Mahfud 190 Orang


Jika pasangan AMIN dan Prabowo - Gibran melampirkan dua sampai empat nama, maka Tim Kampanye pasangan capres Ganjar Pranowo - Mahfud MD menyertakan ratusan orang sebagai tim tingkat provinsi.


Dalam dokumen 22 hal yang diumumkan KPU, Tim Pemenangan Daerah (TPD) Ganjar Mahfud tingkat Sulsel memiliki 190 orang pengurus yang berasal dari kader partai koalisi. Strukturnya terdiri dari Dewan Pengarah hingga Direktorat Infrastruktur Logistik.


Tercatat sejumlah nama yang mengisi posisi Dewan Pengarah TPD Sulsel Ganjar - Mahfud. Mereka adalah Ketua PDIP Sulsel, Ridwan Andi Wittiri, Ketua PPP Sulsel Imam Fauzan Amir Uskara.


Kemudian Ketua Partai Hanura Sulsel, Amsal dan Ketua Perindo Sulsel, Sanusi Ramadhan. Adapun Ketua TPD Ganjar Mahfud Sulsel adalah Udin Malik yang juga politikus PDIP.