Skip to main content

KPU: Kandidat Bisa Diganti Jika Alami Disabilitas Medik

misna attas
Komisioner Devisi Teknis KPU Provinsi Sulsel Misna Attas. (KABAR.NEWS/Arya Wicaksana)

 

KABAR.NEWS, Makassar - Kandidat Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah mau pun Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur dapat diganti, apabila hasil pemeriksaan kesehatan menyimpulkan ditemukan adanya kandidat yang mengidap disabilitas medik.

 

"Kalau ada kandidat yang mengalami disabilitas medik dan menurut kesimpulan tim pemeriksaan kesehatan tidak memenuhi persyaratan maka itu bisa dilakukan pergantian," ujar Misna Attas, Komisioner Devisi Teknis KPU Provinsi Sulsel di Private Care Centre RSUP Wahidin Sudirohusodo Makassar, Sabtu (13/1/2018).

 

Misna menjelaskan, pergantian dapat diusulkan oleh partai politik pengusung pasangan calon, dan atau oleh kandidat jalur perseorangan.

 

Menurut Misna, pergantian kandidat yang mengalami disabilitas medik dan tidak memenuhi persyaratan oleh tim pemeriksa kesehatan, maka pergantian dapat dilakukan saat tahapan perbaikan berkas kandidat.

 

Hanya saja, Misna tidak dapat menjelaskan seperti apa yang dimaksud dengan disabilitas medik. "Kita tidak bisa kongkretkan seperti apa disabilitas medik, karena yang tahu itu dokter. Dan tidak akan diumumkan ke publik hanya diserahkan kepada kandidat," tandas Misna.

 
  • Arya Wicaksana