KPK Amankan Duit 2 Kardus dari OTT Bupati Banggai Laut

Diduga untuk Kampanye

KPK Amankan Duit 2 Kardus dari OTT Bupati Banggai Laut
Bupati Banggai Laut Wenny Bukamo. (Instagram/prokopim_balut)






KABAR.NEWS, Makassar - Bupati non aktif Kabupaten Banggai Laut, Sulawesi Tengah, Wenny Bukamo terjaring dalam operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Kamis (3/12/2020).


Wenny merupakan petahana calon Bupati Kabupaten Banggai Laut Pilkada Serentak 2020. Dari OTT, KPK menemukan uang dalam kardus yang diduga terkait suap Wenny.


Lembaga anti rasuah menduga Wenny menerima suap untuk kepentingan kampanye pemenangan pilkada. Barang bukti yang diamankan uang tunai lebih dari Rp1 miliar.


"Barang bukti yang didapat sementara 2 kardus berisi uang sejumlah lebih dari Rp1 miliar," ucap sumber dari KPK yang dikutip dari detikcom, Kamis (3/12/2020)


Penangkapan itu dilakukan hari ini sekitar pukul 12.30 WIB. Berdasarkan sumber detikcom, Wenny ditangkap bersama tim pemenangannya untuk pilkada. 


Wenny diketahui maju lagi dalam pilkada serentak 2020 untuk periode kedua bersama Ridaya La Ode Ngkowe.


"Dugaan suap bupati meminta sejumlah uang dari para kontraktor yang digunakan untuk kepentingan kampanye pemenangan," kata sumber detikcom.


OTT itu sebelumnya juga sudah dikonfirmasi Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron. Dia meminta semua pihak bersabar menunggu kerja KPK di lapangan tuntas.


"Betul," kata Ghufron.


Mereka yang ditangkap KPK masih berstatus sebagai terperiksa. KPK memiliki waktu 1x24 jam untuk menentukan status mereka.