Skip to main content

Kost Mahasiswa Papua di Makassar Dijaga Polisi, Asrama akan Diperbaiki

Kost Mahasiswa Papua di Makassar Dijaga Polisi, Asrama akan Diperbaiki
Anggota Brimob Polda Sulsel saat berjaga di sekitar Asrama Mahasiswa Papua, Jalan Lanto Daeng Pasewang, Kota Makassar, Senin (19/8/2019). (KABAR.NEWS/Reza)

KABAR.NEWS, Makassar - Personel Brimob Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) diturunkan menjaga asrama mahasiswa Papua, Jalan Lanto Dg Pasewang, Kota Makassar, pasca keributan yang terjadi pada Senin (19/8/2019) malam.


Baca juga: Insiden Papua, Ansor Imbau Warga Sulsel Kedepankan Prinsip Sipakatau

Pantauan KABAR.NEWS pada pukul 23.00 Wita, puluhan aparat kepolisian bersenjata lengkap bersiaga lengkap dengan kendaraan taktis untuk mengantisipasi terjadinya bentrok susulan. 


Situasi di sekitar asrama juga tampak konduif, meski sejumlah warga masih berkumpul di sekitar asrama mahasiswa asal Papua hanya untuk memantau situasi.


Kendaraan Taktis polisi disiagakan di sekitar Asrama Mahasiswa Papua, Jalan Lanto Daeng Pasewang, Kota Makassar, Senin (19/8/2019). (KABAR.NEWS/Reza)
Kendaraan Taktis polisi disiagakan di sekitar Asrama Mahasiswa Papua, Jalan Lanto Daeng Pasewang, Kota Makassar, Senin (19/8/2019). (KABAR.NEWS/Reza)

Kabid Humas Polda Sul-Sel, Kombespol Dicky Sondani mengatakan, beberapa kerusakan di asrama mahasiswa Papua akan diperbaiki oleh Pemprov Sulsel, dan dilakukan pengamanan setiap tempat, seperti asrama dan rumah mahasiswa atau warga Papua yang berada di Makassar.


"Kita akan melakukan pengamanan seperti membangun tenda posko di lokasi, agar keamanan tetap kondusif," ujar Dicky, via telpon, Senin malam.


Dicky Sondani juga mengimbau agar masyarakat tidak terprovokasi atas insiden yang terjadi di Papua dan Makassar. Pihaknya memastikan menindak tegas oknum-oknum yang ingin merusak situasi.


Baca juga: Rusuh Manokwari, Khofifah Minta Maaf ke Gubernur dan Masyarakat Papua

Sebelumnya, Gubernur Provinsi Sulsel Nurdin Abdullah, telah meninjau asrama mahasiswa Papua dan memastikan keamanan mahasiswa asal Bumi Cendrawasih yang berada di Kota Makassar. 


"Wakapolda sudah berikan penegasan, kita jamin keamanan mereka. Dia cuman minta jaminan keamanan. Mereka bilang datang kesini bukan cari makan tapi memang untuk belajar," ujar Nurdin Abdullah di Asrama Mahasiswa Papua.


  • Reza Rivaldy

 

loading...