Korban Ketiga Tanah Longsor Jeneponto akhirnya Ditemukan

* Jasad korban tidak utuh

Korban Ketiga Tanah Longsor Jeneponto akhirnya Ditemukan
Evakuasi korban meninggal dunia tanah longsor di Jeneponto, Sulsel, pada Minggu (16/10/2022).

KABAR.NEWS, Jeneponto - Proses pencarian hari ketiga korban tanah longsor di Desa Loka, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, membuahkan hasil. 


Tim SAR gabungan yang melakukan penyisiran sepanjang hilir sungai akhirnya menemukan korban ketiga di Sungai Kelara, Kelurahan Tolo Utara, Kecamatan Kelara, Minggu (16/10/2022).


Korban atas nama Sangkala (56) ditemukan pada jam 09.30 WITA di hilir sungai. Jasad korban ditemukan dalam kondisi tidak utuh sejauh 15 kilometer dari lokasi longsor yang terjadi pada Jumat (14/10/2022).


Kepala Kantor Basarnas Sulsel, Djunaidi menyampaikan tim SAR gabungan pada pencarian hari ketiga fokus melakukan penyisiran di sungai yang diduga korban terseret saat tertimpa longsor.


"Alhamdulillah pada hari ketiga semua yang dicurigai korban ditemukan," kata Djunaidi.


Sementara itu, Camat Rumbia Abdul Rajab yang ikut melakukan pencarian mengatakan, warga pertama kali menemukan potogan tubuh korban yakni paha sebelah kanan sejauh 15 kilometer dari lokasi kejadian.


Selang satu jam, kata dia, warga kembali menemukan potongan tubuh korban di lokasi yang sama. "300 meter dari lokasi penemuan paha," ungkapnya.


Tubuh korban terakhir yang ditemukan posisinya tersangkut di pohon tepat di bantaran sungai. "Posisinya tersangkut di atas kayu tepat dibelakang batu besar, dipinggir sungai," terangnya.


Jenazah korban langsung dievakuasi ke RSUD Jeneponto sebelum diserahkan kepada pihak keluarga.


Sebelumnya, korban atas nama Takku (59) ditemukan pada hari pertama pencarian, Jumat (14/10/2022) sekitar 300 meter dari lokasi longsor.


Sementara korban atas nama Wahyu (30) ditemukan pada hari kedua pencarian, Sabtu (15/10/2022) sekitar 19 kilometer dari tempat longsoran.


Penulis: Akbar Razak/A