KONI Sulsel Siap Sukseskan Pengibaran Bendera Merah Putih di Bawah Laut

- Rencananya akan dilakukan oleh pasukan Marinir

KONI Sulsel Siap Sukseskan Pengibaran Bendera Merah Putih di Bawah Laut
Ketua KONI Sulsel Yasir Machmud (kanan) menerima baju kaos acara pengibaran bendera merah putih bawah laut oleh Danyon Marinir Pertahanan Pangkalan atau Marhanlan VI Makassar Mayor (Mar) Alex Zulkarnain di Makassar. (IST/HO)

KABAR.NEWS, Makassar - Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulawesi Selatan (Sulsel) Yasir Machmud mendukung penuh TNI Angkatan Laut (TNI AL) yang akan mengibarkan bendera merah putih di bawah laut pada Hari Kemerdekaan ke-77 tahun Republik Indonesia.


Hal itu disampaikan Yasir saat ditemui Danyon Marinir Pertahanan Pangkalan atau Marhanlan VI Makassar Mayor (Mar) Alex Zulkarnain dan Pengurus Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (Possi) Sulsel di Resto The Icon, Makassar, Minggu (14/8/2022) kemarin.


Tak hanya pengibaran bendera merah putih di bawah laut, pasukan Marinir juga akan melakukan transplantasi terumbu karang  di perairan Pulau Samalona.


"Kami sangat mendukung acara tersebut sebagai bentuk kepedulian dalam rangka menyelamatkan laut dengan kegiatan transplantasi terumbu karang," kata Yasir dalam keterangan tertulis.


Yasir yang juga Direktur Utama PT Sulsel Citra Indonesia (Perseroda) dijadwalkan menghadiri prosesi pengibaran bendera yang digelar Lantamal VI Makassar tersebut.


Sementara, Mayor (Mar) Alex Zulkarnain mengucapkan terima kasih kepada Yasir atas atensi KONI Sulsel untuk menyukseskan pengibaran bendera merah putih dan transplantasi terumbu karang. 


Menurutnya, acara tersebut dilaksanakan secara nasional pada 77 lokasi di seluruh Indonesia pada Rabu, 17 Agutsus 2022.


"Program ini merupakan perintah Langsung KASAL Bapak Laksamana TNI Yudo Margono kepada seluruh pangkalan yang ada di Indonesia," ujarnya. 


Di tempat yang sama, Ketua POSSI Sulsel Andi Irwan Intje mengatakan, pengibaran bendera merah putih di bawah laut merupakan kegiatan luar biasa. Hal itu menurutnya juga menjadi ajang promosi pariwisata.


"Selain mengibarkan bendera merah putih di bawah  laut juga mempromosikan wisata bahari di Sulawesi Selatan khususnya Kota Makassar dan juga menumbuh kembangkan minat olahraga selam," tandas Irwan.