KNPI Selayar akan Jadi Mitra Kritis dan Strategis Pemerintah

*Resmi dilantik dan dihadiri wakili bupati

KNPI Selayar akan Jadi Mitra Kritis dan Strategis Pemerintah
Foto bersama Pengurus DPD KNPI Selayar dengan KNPI Sulsel usai dilantik pada Sabtu (12/2/2022). (IST)






KABAR.NEWS, Selayar - Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, yang diketuai Dian Ady Luhur akhirnya dilantik pada Sabtu (12/2/2022).


Pelantikan tersebut digelar di Rumah Jabatan Bupati lama, Benteng, Selayar. Kegiatan ini dihadiri Wakil Bupati Selayar Saiful Arif, unsur Forkopimda, anggota DPRD Kepulauan Selayar Devi Zulkifli, Ketua Bawaslu Selayar, Ketua Partai Politik dan Organisasi Kemasyarakatan, serta unsur Organisasi Kepemudaan (OKP).

Sebanyak 62 personel DPD KNPI Kepulauan Selayar diambil sumpahnya oleh Sekretaris DPD KNPI Sulsel, Andi Surahman Batara, mewakili Arham Basmin Mattayang selaku ketua.


Ketua DPD KNPI Kepulauan Selayar Dian Ady Luhur dalam sambutannya menegaskan bahwa pemuda harus menawarkan solusi atas masalah yang terjadi.


Artinya, keberadaan KNPI harus menjadi mitra kerja sekaligus mitra kritis pemerintah. Mitra kritis dalam hal ini harus didasari  dengan solusi terhadap setiap persoalan


"Kami pasti bahwa kehadiran KNPI ke depan senantiasa menjadi wadah berhimpunnya organisasi kepemudaan, dan wadah konsolidasi seluruh potensi pemuda untuk mengambil 0eran dalam proses pembabgunan di kabupaten Kepulauan Selayar," kata Dian dalam rilis yang diterima KABAR.NEWS.


Dian berpendapat, program kerja pengurus KNPI ke depan lebih difokuskan untuk membantu pemerintah dalam menyediakan lapangan kerja. 


Paling tidak, kata dia, KNPI hadir bisa memfasilitasi pemuda-pemuda yang berpotensi untuk mengisi ruang kerja yang profesional.


Sementara itu, Andi Surahman Batara dalam sambutannya mengapresiasi penyambutan hangat dari pemerintah bersama Pengurus DPD KNPI Kepulauan Selayar.


"Kami sangat apresiasi penyambutan Pemda Selayar termasuk Pengurus DPD KNPI. Saya kira ini adalah salah satu pelantikan pengurus daerah yang termeriah dari pelantikan yang lain," kata Surahman Batara.


Pihaknya juga menekankan bahwa keberadaan KNPI harus memberi kontribusi terhadap pembangunan daerah yang berkelanjutan. Potensi pemuda yang berhimpun dalam KNPI harus dikonsolidasikan dengan baik sehingga keberadaannya mampu memberi manfaat untuk pemerintah daerah.


"Jadi eksiatensi pemuda yang berhimpun haruslah mampu memberi solusi untuk setiap persoalan di Kabupaten Kepulauan Selayar. Kita harus membentu pemerintah dalan memikirkan kemajuan daerah," pinta dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat UMI itu.


Namun demikian, bukan berarti kehadiran KNPI sebagai bagian dari organisasi pemerintah atau biasa dikatakan sebagai organisasi pelat merah. Tetapi keberadaan pemuda dinilai Karena Konstribusi pikirannya.


"Keberadaan kita di KNPI bukan lagi bertanya apa yang daerah berikan kepada kita, tapi sampaikan kepemerintah daerah, apa yang kita bisa berikan," tegas Surahman Batara.


Hal senada dipertegas oleh Wakil Bupati Kepulauan Selayar Saiful Arif, yang juga sebagai mantan Ketua KNPI Kepulauan Selayar.


Menurutnya, Selayar merupakan daerah yang sangat strategis di Indonesia karena posisinya berada di tengah - tengah jalur transprotasi laut,  baik dari timur ke barat maupun sebaliknya.


Olehnya karena itu, pihaknya berharap KNPI harus dibangun karena potensi yang dimilikinya, bukan karena belas kasihan saja.


"Kami berharap dengan hadirnya KNPI yang baru saja diambil sumpahnya dapat membantu pemerintah dalam membangun daerah. Sebagaimana misi pemerintah salah satunya adalah menjadikan Selayar sebagai pusat distdibusi logistik di kawasan Indonesia Timur,"  harap Saiful.


Dia meminta keberadaan KNPI sebagai organisasi kepemudaan, harus mempu dirasakan keberadaannya oleh pemerintah terlebih oleh masyarakat. Saiful tak ingin KNPI hanya mengurusi dirinya sendiri apalagi hanya mengurus pengurus.


"Saya kira KNPI bukan lagi organisasi kecil, tetapi sudah matang dengan setiap kondisi dan dinamika. Dia harus mampu memberi terang terhadap setiap persoalan sehingga diceritakan oleh setiap generasi. Sama seperti kondisi yang terjadi malam ini, habis gelap terbitlah terang," ujar Saiful Arif sambil menyentil situasi pelantikan yang sempat berkali - kali terjadi  pemadaman.