Skip to main content

KNKT Unduh Rekaman CVR Berisi 124 Menit Jelang Jatuhnya Lion Air PK-LQP

Lion Air
CVR Lion Air PK-LQP.(INT)


KABAR.NEWS, Jakarta - Pasca ditemukanya Cokcpit Voice Recorder (CVR), Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) langsung melakukan pengunduhan atau download data CVR Lion Air PK-LQP. 


KNKT segera mentranskrip data CVR Lion Air yang totalnya 124 menit. 


Baca Juga:


"Sudah berhasil di-download datanya. Isinya ada 124 menit. Kemarin hari Jumat (18/1) filtering, jadi noise yang berisik dihilangkan, kemudian hari ini mungkin dilanjutkan filtering sama membuat transkrip," ujar Ketua Sub-Komite Investigasi Kecelakaan Penerbangan KNKT Nurcahyo Utomo dikutip dari detikcom, Senin (21/1/2019).


Nurcahyo mengaku untuk transkrip rekaman CVR akan dibantu pihak dari AS, Australia, termasuk Boeing. Dari transkrip akan diketahui percakapan dalam kokpit.

 

"Suara pembicaraan antar kapten dengan kopilotnya, pilot dengan ATC, ada mungkin pilot dengan pramugari, pilot dengan engineer. Pokoknya semua yang ada di situ semua akan kita tulis," papar Nurcahyo,


Diberitakan sebelumnya, CVR Lion Air ditemukan pada Senin (14/1/2019) di perairan Karawang. Selain CVR, tim KNKT bersama TNI AL juga mengangkat body part berupa tulang diduga milik korban Lion Air. 


Empat kantong jenazah berisi tulang-tulang tersebut sedang diidentifikasi di RS Polri. Bagian tubuh itu akan diperiksa dengan pengukuran antropometri. 


Pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT-610 jatuh di perairan Karawang pada Senin, 29 Oktober dengan mengangkut 189 orang penumpang dan kru pesawat. Total korban yang dapat diidentifikasi sebanyak 125 orang.