KMP Bontoharu Sempat Hilang Kontak karena Lewat Jalur Lain

Menurut ASDP

KMP Bontoharu Sempat Hilang Kontak karena Lewat Jalur Lain
KMP Bontoharu. (Foto: marinetraffic)






KABAR.NEWS, Bulukumba - Kapal Motor Penumpang (KMP) Bontoharu sempat hilang kontak dari pantauan radar saat menyebrang dari Kabupaten Bulukumba ke Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulsel, Jumat (2/4/2021) sekira pukul 9.30 WITA. 


General Manager Angkutan Sungai, Danau dan Penyebrangan PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Selayar, Adrian membenarkan perihat tersebut. 


Dia mengatakan, penyebab KMP tersebut hilang dari radar lantaran kondisi cuaca esktrem. Namun, masih terdeteksi melalui Vesell Monitor System (VMS). 


"Tidak dapat berkomunikasi dikarenakan cuaca ekstrem. Namun secara system kapal masih terdeteksi melalui VMS yang ada di ASDP," ujarnya saat dikonfirmasi via telepon. 


Dia mengaku, bahwa kapal itu hilang pemantauan lantaran sang kapten mengambil jalur lain akibat cuaca ekstrem.


"Murni cuaca ekstrem, mengambil jalur lain dikarenakan pertimbangan untuk menghindari cuaca ekstrem namun sepertinya cuaca ekstremnya merata," ungkapnya.


Sejatinya, kapal tersebut masih dalam kendali sang kapten. Meski demikian, ia berharap agar kondisi cuaca ekstrem cepat berlalu.

"Insyaallah masih aman terkendali, mohon doanya agar cuaca segera normal karena kita manusia tidak bisa memprediksi kondisi alam," pungkasnya.


Dari informasi yang dihimpun, Badan SAR Nasional (Basarnas) wilayah Makassar telah menerjunkan tim untuk melakukan intersafe terhadap KM Bontoharu. Kapal tersebut mulai berlayar kembali ke Selayar.


Penulis: Akbar Razak/B