KMP Bontoharu Bawa 298 Penumpang, Dijadwalkan Tiba Jam 11 Malam

Dikonfirmasi Basarnas

KMP Bontoharu Bawa 298 Penumpang, Dijadwalkan Tiba Jam 11 Malam
KMP Bontoharu. (Foto: vesselfinder)






KABAR.NEWS, Makassar - Basarnas Sulsel mengkonfirmasi bahwa Kapal Motor Penumpang (KMP) Bontoharu sempat hilang kontak saat berlayar dari Pelabuhan Bira, Bulukumba, Sulsel, pada Jumat (2/4/2021).


Kapal tersebut melakukan penyebrangan menuju Kabupaten Kepulauan Selayar dengan membawa 298 orang penumpang. KMP kini sudah terpantau menuju perlabuhan.


"Untuk informasi terkini, KMP Bontoharu sudah dapat berkomunikasi dengan SROP Selayar ETA, jam 23.00 WITA tiba Pamatata dengn kondisi kapal aman dan penumpang aman," kata Kepala Kantor Basarnas Sulsel, Djunaidi kepada awak media. 


Djunaidi juga mengungkapkan bahwa Kapal Negara (KN) SAR Kamajaya diturunkan untuk memantau KMP Bontoharu. "KN Sar Kamajaya juga akan menuju ke posisi KMP Bontoharu untuk intersafe," ujarnya. 


Dikatakan juga bahwa saat ini KMP Bontoharu berada 30 Mil dari timur Pelabuhan Pamanata, Selayar. 


Sebelum PT ASDP menyatakan kapal tersebut hilang kontak karena cuaca ekstrem beberapa menit usai lepas dari pelabuhan Bira. Kondisi cuaca yang tak memungkinkan memaksa kaptel KMP Bontoharu mengambil jalur lain.


"Murni cuaca ekstrem, mengambil jalur lain dikarenakan pertimbangan untuk menghindari cuaca ekstrem namun sepertinya cuaca ekstremnya merata," ujar General Manager PT. ASDP Cabang Selayar, Adrian.


Pada video yang diunggah di media sosial, terlihat kepanikan penumpan KMP Bontoharu saat dihantam ombak tinggi.


Penulis: Darsil Yahya/B